Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi 2018, Bupati Karimun Sampaikan Selamat Bertugas

0
48

Silabuskepri co.id, Karimun –Kepolisian resort Karimun menggelar apel pasukan operasi ketupat seligi 2018 dalam rangkak pengamanan Idul fitri, Kegiatan apel gelar pasukan ini dilaksanakan D Mapolres Karimun, Rabu (6/6/18) Pukul 16:00 WIB.

Kapolres Karimun AKBP.Hengky Pramudya S.ik mengatakan apel gelar pasukan ini melibatkan Polisi, TNI dan petugas dari Instansi terkait seperti Bea cukai, sat Pol PP, Dishub dan ormas FKPPI.

“Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personil, sarana dan prasarana dalam melaksanakan kegiatan pengamanan Idul fitri 1349 H.

Sementara Jumlah personil kepolisian resort Karimun yang dilibatkan sebanyak 238 personil, kita juga dibantu oleh TNI dan instansi lainnya, Insyaallah nanti pukul 00:00 wib dini hari semua sudah insert, dan personil yang ditugaskan memasuki pos tegasnya.” Jelasnya

Dalam kesempatan itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Pol Tito Karnavian menyatakan bahwa salah satu operasi kepolisian terpusat, Operasi Ketupat Tahun 2018.

“operasi ketupat ini dilaksanakan serentak di seluruh polda selama 18 hari yang dimulai pada tanggal 7- 24 juni 2018. Operasi ini melibatkan 173,397 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI Stakeholderterkait dan elemen masyarakat lainnya.

Dikatakanya, Setelah mengevaluasi operasi tahun 2017 lalu disertai analisa dan kamtibmas 2018 disusunlah rencana operasi ketupat 2018 ini, untuk mengantisipasi potensi kerawanan agar lebaran berjalan lancar.

Ada terdapat empat potensi kerawanan pertama ialah permasalahan distribusi pangan untuk itu perlu kerja sama dan langkah proaktif stake holder terkait stabilitas harga dan kesedian bahan pangan tetap stabil.

Potensi kerawanan kedua ini dilihat dari arus mudik dan arus balik menurut hasil survey jalan yang dilaksanakan oleh, korlantas polri bersama kementrian perhubungan, kementerian pekerjaan umum, dan kementrian perumahan rakyat, kementrian kesehatan, maupun dinas jasa marga dan pertamina
terdapat enam jalur rawan kecelakaan dan macet dijalur utama mudik.

“untuk itu seluruh personel pengaman dihimbau agar melakukan pemantauan secara cermat, dan adapun strategi ditetapkan harap diikuti dengan baik untuk mengoptimalkan pelayanan yang terdiri dari 3.097 pos pengamanan, 1.112 pos pelayanan, 7 pos terpadu,12 pos chek point yang diselenggara selama operi nanti.

Lanjutnya, Potensi kerawanan ketiga itu dilihat dari potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya seperti curat, curanmor, copet, pencurian rumah kosong dan lainnya semua itu juga harus kita antisipasi

Dan yang trakhir tindak terorisme,
Kapolri menegaskan kepada kasatwil harus meningkatkan kegiatan deteksi Intelijinsi melalui optimalisasi satgas anti teror. Dalam mewujudkan keamanan secara umum Kapolri mengingatkan kepada seluruh jajaran agar terus meningkatkan kerja sama rekan-rekan dan TNI serta lainnya untuk keamanan dan kenyamanan bersama.

Bupati juga menyampaikan selamat bertugas kepada seluruh personel polri dan personel pengaman gabungan dalam menggelar operasi ketupat 2018.

Apel operasi ketupat 2018 dihadiri
AKBP Hengki Pramudya, Wakapolres Kompol Agung Gima, Danlanal Tbk, Dandim Tbk, kapol-airud Tbk, Kejari Tbk, Beacukai Tbk, Imigrasi Tbk, Kepala Bnn Tbk, Dishub Tbk, satpol-pp Tbk, dan Basarnas Tbk. (James.n)

LEAVE A REPLY