DPRD Anambas Dorong Pemkab Perbaiki Anggaran Pendidikan Kesehatan Perikanan dan Pariwisata

0
22

silabuskepri.co.id, AnambasĀ — Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus), Dhannun dalam Rapat Paripurna Istimewa penyampaian rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2017 Pemerintah kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (24/5/2018).

Kami harapkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas lebih mengutamakan program pembangunan dan meningkatkan penganggaran pada bidang urusan wajib dan pilihan. Pada tahun lalu perhatian Pemkab Anambas kepada bidang pendidikan masih dibawah.

” Alokasi anggaran pada bidang pendidikan masih jauh dibawah berkisar 8 persen dari total APBD, Mestinya, Kata Dhunan harus sesuai dengan yang di amanatkan Undang-undang sebesar 20 persen. Diharapkan pada tahun berikutnya alokasi anggaran pendidikan harus dipenuhi sesuai amanat undang undang.” Kata Dhannun

Selain bidang pendidikan yang rendah, juga terdapat pada Bidang lain seperti kesehatan dan pekerjaan umum, termasuk peningkatan keselamatan ibu melahirkan dan anak juga realisasi masih rendah.

Lebih jauh Dhannun memaparkan, pada urusan pilihan Pemkab Anambas bidang pariwisata dan perikanan sangat juga sangat, sementara pariwisata dan perikanan salah satu visi-misi prioritas Pemerintah kabupaten Kepulauan Anambas.

Dikatakan Dhunan anggaran bidang perikanan sebesar Rp10,6 miliar, padahal wilayah kabupaten anambas memiliki potensi unggulan di bidang perikanan dan budidaya perikanan. Namun, anggaran di bidang perikanan masih juga minim.

“Hal serupa juga dialami bidang pariwisata yang hanya memperoleh anggaran sebesar Rp6,1 miliar. padahal pengembangan potensi pariwisata yang merupakan program unggulan pemkab anambas masih jauh dari harapan sehingga masih terhambat.

Dhannun juga mendorong Pemkab Anambas untuk mengevaluasi serta melakukan perbaikan terhadap rencana pengembangan bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perikanan, dan pariwisata.

“Ini berorientasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka penting perhatian dari Pemda untuk urusan wajib dan pilihan ini. Khususnya untuk mendirikan Sekolah Luar Biasa (SLB) sudah penting, mengingat angka anak wajib menerima pendidikan ini 170 orang. Kemudian Pemda juga harus meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan Pemprov Kepri dan memperkuat koordinasi dengan instansi vertikal,” tuturnya

Ketua DPRD Anambas Imran mengatakan, rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Pemkab Anambas tahun anggaran 2017 agar memperbaiki kinerja.

“Ini wajib dijalankan untuk mencapai cita-cita daerah dan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya

Hal senada juga diungkapkan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengatakan rekomendasi tersebut harus betul betul dipahami untuk perbaikan pada tahun mendatang.

” Perbaikan anggaran harus dilakukan terutama pada bidang pendidikan, Kesehatan, perikanan dan pariwisata Mudah mudahan tahun berikutnya bisa meningkat,” katanya (Firmandani)

LEAVE A REPLY