Komite Perlindungan Wartawan Desak PYD Membebaskan Wartawan Zagros TV

0
74

Syria Qamishli, Silabuskepri.co.id-Komite untuk Melindungi Wartawan (CPJ), dalam sebuah surat kepada Federasi Demokratik Suriah Utara-Rojava, mendesak Partai Persatuan Demokratik (PYD) untuk membebaskan Barzan Hussein Liani. CPJ adalah organisasi independen yang menganjurkan kebebasan pers di seluruh dunia.

“Liani, seorang wartawan dengan Zagros TV, ditahan oleh pasukan Asayish di luar Rmeilan di wilayah Suriah di Cizire Canton, pada tanggal 13 Mei lalu, saat ia mencoba untuk kembali ke rumahnya,” Direktur CPJ Courtney Radsch mengatakan dalam surat tersebut.

Direktur stasiun Zargos mengatakan kepada CPJ bahwa saksi melihat sebuah patroli menghentikan Liani dan mengawal wartawan tersebut kembali ke kota tersebut, di mana dia telah ditahan selama hampir dua bulan.

Massoud Akko, seorang jurnalis yang meliput kasus tersebut dan yang telah berhubungan dengan keluarga dan majikan wartawan tersebut, mengatakan kepada CPJ bahwa tidak ada tuduhan yang diajukan terhadap Liani. Selain itu, wartawan tersebut hanya diperbolehkan satu kunjungan singkat oleh istrinya.

“CPJ prihatin dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan Liani,” kata Courtney Radsch, dalam sebuah surat kepada Abdulkerim Saruhan dan Hayfa Arabo, co-chairs Cizire Canton.

“Baik Federasi Demokratik Suriah Utara dan pihak berwenang yang mengatur Cizire Canton, harus bekerja untuk membebaskan Liani segera dan mengizinkan pengacara dan keluarga wartawan tersebut menghubungi dia.”

Liani telah bekerja sebagai koresponden Zagros TV – yang dimiliki oleh Partai Demokrat Kurdi (KDP), saingan PYD. Liani juga bekerja sebagai jurnalis lepas untuk beberapa media lainnya, dan merupakan anggota PPK.

CPJ juga meminta pihak berwenang Rojavan untuk melepaskan Liani pada bulan Mei, dan setidak-tidaknya berkeras bahwa mereka mengklarifikasi keadaan penahanannya. Wilayah PPK dan PYD sebelumnya telah melanggar kebebasan pers.

(aranews)

LEAVE A REPLY