Penangkaran Lebah Kelulut, Berpotensi Sumber Penghasilan Desa Lancang Kuning

0
868
Poto : Ilustrasi (net)

Bintan –Warga Desa Lancang Kuning, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau  Kembangkan usaha penangkaran Kelulut (Trigon) penghasil madu Kelulut. Meskipun baru dilakoni Masyarakat, Namun saat ini minat masyarakat Desa lancing Kuning untuk melakoni pekerjaan penangkaran madu kelulut sangat antusias.

Kepala Desa Lancang Kuning, Cholili Bunyani saat di temui silabuskepri.co.id, Selasa (22/2/17) menuturkan penangkaran madu kelulu (trigona ) bagi warga desa Lancang Kuning sangat ia dukung.

“Saya selaku kepala desa megapresiasi warganya untuk mengembangkan penangkaran  madu trigona atau yang sering di katakan lebah kelulut.”Ujarnya

Menurutnya,  Lebah madu kelulut (trigona) adalah lebah yang tidak mempunyai sengat atau antup. Daerah perkembangbiakan lebah ini banyak terdapat pada daerah  Tropis dan subtropis yang bersuhu rata-rata di bawah 32 derajat celcius.

Koloni di buat  pada batang  batang  pohon,  ruas bambu,  lubang di tanah, bebatuan. Sebagai  rumah tempat berkembang biak. Suhu  ideal yang disukai  kelulut (trigona) berkisar 18 – 24 derajat celcius, dengan kelembaban 60 – 70%.

“Lebah Trigona menyukai Lingkungan atau daerah yang banyak terdapat pepohonan yang banyak menghasilkan bunga sebagai sumber makanannya.  Lebah kelulut  memakan serbuk sari bunga dengan mengandalkan sumber makanan dari bunga alam sekitar koloninya hingga radius antara 100 – 500 m.

Saat ini, penangkaran madu trigona di desa Lancang Kuning relative baru dikembang. Untuk saat ini penangkaran sarang lebah kelulut baru berkisar 2300 sangkar yang di buat selang berjalan.

Sementara itu sejumlah sarang madu kelulut trigona yang sudah ada, sebangian telah berisi madu dan mudah mudahan dalam waktu dekat ini mulai membuahkan.

“Jenis Madu lebah kelulut tergolong mahal, lebih mahal dari madu lebah biasa hingga dua sampai tiga kali lipat. Hal ini dikarenakan lebah klanceng lebih sedikit memproduksi madu. Kecuali itu juga masih sangat jarang yang membudidayakanya. Namun demikian madu ini banyak di buru mengingat kasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan.

“Kasiat madu Madu kelulut ( Trigona ) memiliki kandungan vitamin dan miniral yang sangat penting yang di butuhkan oleh tubuh, dengan rutin minum madu kelulut badan sehat dan awat muda.

Cholili menambahkan pihaknya berharap agar intansi terkait ikut serta mendukung penangkaran madu kelulut yang saat ini dilakoni warga desa lancang kuning. Kelapa dinas kesehatan kabupaten bintan  diharapkan dapat menguji kadar vitamin  madu kelulut (trigano) yang kami produksi.

“Marilah kita bersama sama untuk mengembangkan penangkaran madu kelulut ini dan belajar bersama mengembangkan penangkaran lebah kelulut, yang memiliki kasiat dan memiliki nilai jual, lebih mahal dari lebah biasa hingga dua sampai tiga kali lipat.”paparnya (cr)

LEAVE A REPLY