Peringati Lahirnya Pancasila, Abdul Haris Bacakan Amanat Presiden Joko Widodo

0
13

Silabuskepri.co.id , Anambas — Memperingati Hari lahirnya Pancasila, Pemerintah Kabupaten kepulauan Anambas melaksanakan Upacara bendera, Jumat (1/6/18) di lapangan Kantor Bupati Anambas, Tarempak kec Siantan KKA.

Upacara Peringatan Hari lahirnya Pancasila ke 73 ini di pimpin Bupati Anambas Abdul Haris SH sekaligus membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa Pancasila merupakan hasil dari suatu kesatuan, proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila pada tanggal 1 juni 1945 yang di pidatokan Ir. Sukarno.

“Piagam Jakarta 22 juni 1945 , dan rumusan final Pancasila , 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para Founding Father, para ulama dan perjuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.” tuturnya

“Bung Karno menyampaikan gagasan tentang dasar negara Indonesia: Dasar pertama yang dijadikan sebagai dasar negara Indonesia adalah dasar kebangsaan karena negara yang didirikan adalah untuk semua rakyat dari ujung Aceh sampai Irian (Papua).

Dasar kedua yang disampaikan Bung Karno adalah internasionalisme sebagai pasangan dasar pertama di mana kebangsaan Indonesia bukanlah sebagai kebangsaan yang menyendiri ataupun kebangsaan yang chauvinis, tetapi sebagai kebangsaan yang menghormati bangsa-bangsa lainnya di dunia menuju persatuan dan persaudaraan dunia. Kemudian Bung Karno mengungkapkan dasar mufakat, dasar perwakilan dan dasar permusyawaratan karena negara Indonesia bukanlah satu negara untuk satu orang atau satu golongan saja, tetapi negara untuk semua. Untuk mewujudkan hal tersebut, mutlak diperlukan permusyawaratan dan perwakilan.

Dasar selanjutnya adalah kesejahteraan bagi rakyat karena bagi Bung Karno tidak boleh ada kemiskinan di dalam Indonesia yang merdeka. Dasar terakhir yang diungkapkan Bung Karno adalah prinsip Ketuhanan di mana Indonesia yang merdeka memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk dapat menjalankan ibadat dan menyembah Tuhannya dengan leluasa.

Kelima dasar negara tersebut yang sekarang dikenal sebagai Pancasila diterima secara aklamasi oleh semua anggota badan persiapan kemerdekaan hingga kemudian disahkan secara resmi pada tanggal 18 Agustus 1945, satu hari setelah proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia. Tanggal 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasila kemudian ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh presiden Joko Widodo di tahun 2016.

“Komitmen pemerintah untuk memperkuat Pancasila sudah jelas dan sangat kuat. Berbagai upaya terus kita lakukan , telah diundangkan peraturan Presiden Nomor 54 thn 2017 tentang Unit kerja Presiden Pembina Ideologi Pancasila .

Turut hadir Wakil Bupati Anambas / Wan suhendra, Sekda Kab Anambas / Syahtiar, Pabung Kodim 0318 Natuna / Mayor Kav Haryoko, Kabag Sumda Polres Anambas Kompol Dedi, Danramil 02 Tarempak Kptn Inf Samsuarno, Danlanal Tarempak diwakili oleh Kptn Laut Hadi putra, Kadis Kominfo Jefrizal , Kaban Kesbang Pol Drs H Khaurul sahadat, Kadis perikanan Efi suhefi, Kasatpol PP Sahrin , Kadis Perindak Usman , Kadis Depnaker Yulisar, Asisten I Zhurin, Kacap Jari Tarempak Bayan amruloh SH, Kepala Imigrasi KKA Ikhsanul Pane, Dis Dikpora Maskur , Insfektorat Agus , Dinsos Odi Karyadi , DKUMPT Neken syahputra, FKPD.

(firmandani)

LEAVE A REPLY