Silabuskepri.co.id, Batam | Peran Gerakan Pramuka sudah tidak diragukan lagi, termasuk di Batam. Dalam praktiknya, Pramuka Batam kerap ikut terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengaku bangga akan hal tersebut. Ia berharap, Pramuka tetap konsisten menjadi kelompok yang memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

“Terus terang saya menunggu lagi kiprah yang hebat dan dahsyat dari Pramuka sehingga menjadi catatan perjalanan kepramukaan ke depan,” ucap Amsakar saat menghadiri pelantikan pengurus Pergantian Antar Waktu (PAW) Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Lubukbaja di Kantor Camat Lubuk Baja, Sabtu (23/10/2021).

Dalam kegiatan ini juga turut hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam yang juga Ketua Harian Kwarcab Batam Jefridin Hamid.

Amsakar mengatakan, PAW Pramuka Kwarran Lubukbaja dilakukan sebagai bagian dari amanah organisasi untuk kemajuan organisasi maupun perannya terhadap masyarakat. Ia berharap, Ketua Kwarran Lubukbaja yang baru, Syuaib Suharun dapat meneruskan perjuangan ketua yang lama, Sahrial.

“PAW ini merupakan amanah organisasi. Ketua sebelumnya Kakak Sahrial berpulang, doa terbaik kita panjatkan untuk almarhum. Saya harapkan kerja-kerja yang baik dilanjutkan kepengurusan PAW ini,” harap Amsakar yang juga Ketua Kwartir Cabang Pramuka Batam.

Selanjutnya, ia mengimbau pengurus baru melakukan konsolidasi internal dan membahas secara baik program-program yang menyentuh masyarakat. Terkait Covid-19, pihaknya berharap Pramuka berperan aktif untuk menjadi mata dan telinga pemerintah dan masyarakat guna mensukseskan penanganan Covid-19.

“Mudah-mudahan kemaslahatan tetap tercurahkan untuk kita semua, bagi Gerakan Pramuka, Lubukbaja, Kota Batam, Kepri dan Indonesia pada umumnya.” harapnya. (**)