Batam Ikut Kompetisi, Jefridin Persentasikan Penerapan Tapping Box Kepada Kemenpan RB

Silabuskepri.co.id, Batam – Kota Batam masuk nominasi Finalis Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Kota Batam berkesempatan mempresentasikan langsung inovasi yang diikutkan dalam kompetisi yang digelar sejak tahun 2014.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam, Jefridin Hamid, didampingi Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Raja Azmansyah, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam, Azril Apriansyah, mempresentasikan kepada Kementerian PANRB secara virtual, Kamis (1/7/2021).

Adapun inovasi yang masuk sebagai finalis yaitu Optimalisasi Pajak Daerah melalui penerapan Tapping Box.

Dalam presentasi, dikatakan Jefridin mengatakan, muncul inovasi Tapping Box bermula untuk mengoptimalkan potensi pajak daerah dan juga dukungan langsung dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hebatnya lagi, Sambung Jefridin, inovasi yang diterapkan merupakan nol persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam.

“Dalam penerapannya, kita menggandeng Bank Riau Kepri sebagai partner untuk mendukung program ini (tapping box). Di mana pemeliharaan dan pembiayaan pengadaan yang dibutuhkan sepenuhnya melalui CSR Bank Riau Kepri,” ujar Jefridin.

Inovasi ini juga sempat mendapat apresiasi langsung dari KPK. Bahkan, Batam dijadikan rujukan bagi daerah lain untuk menerapkan program yang sama dalam mengoptimalkan potensi pajak daerah.

“Sebetulnya Tapping Box juga diterapkan di Jakarta dan Surabaya. Tapi, yang membedakan adalah Batam Zero APBD,” ujar Jefridin

Menurut Jefridin, sistem kerja Tapping Box akan mencatat semua transaksi dan mengirimkan data langsung ke server BPPRD Kota Batam. Data tersebut juga akan dijadikan pembanding dengan surat pemberitahuan pajak daerah yang dilaporkan wajib pajak setiap bulannya.

“Alhamdulillah, dengan inovasi ini, pendapatan daerah terus mengalami peningkatan,” kata dia.

Jefridin berharap dukungan dari semua pihak agar inovasi Batam dapat tempat dan mampu mengharumkan nama Batam di kanca Nasional.

Untuk diketahui, Pemko Batam terus bergerak mengotimalkan pendapatan daerah dengan Tapping Box. Bahkan, akan ada penambahan 100 tapping box di Kota Batam pada tahun ini.

“Tambahan 100 tapping box khusus restoran dan hiburan,” kata Kepala BP2RD Kota Batam, Raja Azmansyah.

Tambahan 100 tapping box tersebut, Kata Raja Azmansyah, hasil kerja sama Pemko Batam dan Bank Riau Kepri. Dengan adanya tambahan itu diharapkan mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pajak.

“Ini bentuk tranparansi kita agar semua pajak terdata dan bisa dipertanggungjawabkan. Untuk saat ini sudah 525 tapping box terpasang dan ditambah 100 yang baru,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian PANRB, Dwi Wahyu Atmaji, menjelaskan kompetisi yang telah digelar sejak 2014 merupakan upaya Kementerian PANRB untuk membudayakan inovasi bagi penyelenggara pelayanan.

“KIPP merupakan langkah strategis untuk menjaring inovasi pelayanan yang dilahirkan oleh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah,” ungkap Atmaji pada acara Launching KIPP 2021, secara virtual, beberapa waktu lalu.(*/red)

You might also like