Gelar Pahlawan Nasional Sultan mahmud Riayat Syah, Pemprov Gelar Syukuran Adat

0
109

Tanjungpinang, Silabuskepri.co.id — Sultan Mahmud Riayat Syah resmi menjadi Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/Tahun 2017 Anugerah diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada ahli waris keturuan kedelapannya yaitu Tengku Husein Saleh di Istana Negara, Sabtu (11/11/2017).

Gelar pahlawan nasional yang disematkan pada nama Sultan Mahmud Riayat, menjadi  sebuah kebanggaan bagi masyarakat kepri, atas penganugerahan tersebut sebagai rasa syukur dan menghargai jasa-jasa Almarhum Sultan Mahmud Riayat Syah dalam perjuangan bangsa dengan rela berkorban harta dan bahkan nyawa. itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menggelar acara penyambutan yang dipusatkan di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun mengatakan bahwa Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai Pahlawan Bahari yang dimiliki Kepri, diharapkan menjadi motivasi dan semangat bagi masyarakat di Kepri  untuk terus bejuang dengan semangat membangun daerah.

“Perjuangan para berujang dimasa lalu telah menghantarkan kita nikamti kemerdekaan, maka saat inilah kita melanjutkan perjuangan mereka dengan berjuang dalam pembangunan, ekonomi, pendidikan dan budaya,”ujar Nurdin.

Nurdin melanjutkan bahwa disela-sela Penyambutan tadi Tanjungpinang diguyur hujan seakan pertanda yang menggambarkan bahwa Beliau berjuang menjaga keutuhan NKRI khususnya di wilayah Kepri tidak pernah menyerah dan tanpa lelah meskipun dalam keadaan panas, hujan maupun badai dan angin kencang.

“Kejadian yang kita rasakan tadi baiknya kita ambil hikmah dan pelajaran berarti apalagi kita tahu bahwa hujan merupakan pertanda berkah yang datang dari Allah SWT semoga Kepri selalu di berkahi olehNya,” sambung Nurdin.

Lanjut Nurdin, perjalanan membangun daerah masih panjang, di ibaratkan sebuah perahu bernama Kepri tentu kita semua adalah para penumpang perahu tersebut dengan menjalankan tugas dibidang dan tanggungjawab masing-masing.

“Untuk itu kebersamaan diantara kita sangat dibutuhkan dalam berlayar menuju kejayaan Kepulauan Riau,” tutup Nurdin.

Sementara itu Tengku Husein Saleh selaku ahli waris dari Sultan Mahmud Riayat Syah mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh elemen masyarakat yang terus berjuang dan berperan aktif sehingga anugerah ini diberikan.

Syukuran sendiri diawali dengan pembacaan riwayat hidup Sultan Mahmud Riayat Syah oleh Budayawan Melayu Rida K. Liamsi. Dilanjutkan dengan pemberian tepuk tepung tawar oleh Gubernur Nurdin kepada Ahli Waris Tengku Husein Saleh ditutup dengan Penyerahan tanda penghargaan pahlawan nasional dan Plakat keputusan Presiden RI dari ahli waris Tengku Husein Saleh kepada Gubernur Nurdin.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekdaprov Kepri H.TS. Arif Fadillah berserta Istri Hj. Risma Rini, Asisten I dan III Raja Ariza dan Muhammad Hasbi, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah, Kepala-Kepala OPD, Ketua LAM Abdul Razak, Tokoh masyarakat berserta tamu undangan lainnya.

(red/ hms

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.