Foto : Bercocok Tanam di Pekarangan Rumah

Silabuskepri.co.id, Karimun | Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Karimun terus berupaya untuk meningkatkan pangan, khususnya kebutuhan bahan pangan pokok.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Karimun, M. Sukrianto, kepada Media ini pada Senin (18/10/21)

Dikatan Sukrianto, untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Karimun pihaknya terus menggesa tanaman pengganti.

“Ada beberapa tanaman pengganti diantaranya sumber pangan lokal berupa Sagu, Jagung, Talas, dan Ubi Kayu. Kita melihat ada antusias dari para petani untuk menanam tanaman engganti,”Ujar Sukrianto

Persidiaan Bahan makanan pokok disetiap distributor, kata Sukrianto, Bulan Oktober 2021 masih mencukupi.

“Kebutuhan beras di Karimun mencapai 392 Ton, dan persediaan disetiap Distributor sebanyak 1.243 Ton, dari data tersebut beras di karimun masih ada kelebihan 851 Ton beras dan harga satuan per kilogram masih normal sebesar Rp 13.000,”ujarnya

Untuk menambah kehandalan pangan di Karimun, Sukrianto menambahkan, Dinas Pertanian dan pangan bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pertanian dan Kesehatan Hewan Kepulauan Riau untuk meningkatkan jumlah produksi dan program-program budidaya.

“Untuk memenuhi kebutuhan pangan, saya mengajak keluarga untuk memanfaatkan lahan kosong dengan menanam tanaman sekaligus membantu ekonomi masyarakat,”Tutupnya (SO)