SILABUSKEPRI.CO.ID, JEPANG – Jepang mulai menghitung kerusakan dan memulihkan listrik paska gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang mengguncang Fukushima pada Sabtu malam (13/2/2021) pekan lalu, yang menyebabkan sekitar 150 orang terluka dan untuk sementara waktu memutus aliran listrik ke hampir satu juta rumah tangga di daerah Fukushima.

Meski gempa berkekuatan 7,3 skala Richter mengguncang Fukushima menurut laporan penyiar public NHK, tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.

Dilansir bloomberg.com, Perdana Menteri Yoshihide Suga dalam konferensi pers pada hari Minggu mengatakan bahwa tidak ada insiden yang dilaporkan dari reaktor. Berdasarkan laporan Japan Electric Power Exchange, Enam unit tenaga batu bara dan gas, dengan kapasitas gabungan sekitar 3,6 gigawatt, sedang offline karena gempa tanpa batas waktu yang mengguncang daerah Fukushima.

Menurut ahli meteorologi nasional Jepang Gempa dahsyat yang dirasakan di Tokyo, terjadi hanya satu bulan sebelum peringatan 10 tahun gempa bumi dan tsunami 2011 yang menyebabkan kehancuran di tiga reaktor PLTN Fukushima Dai-ichi dan menyebabkan sekitar 19.000 orang tewas atau hilang.

Tokyo Electric Power Co. mengatakan ada luapan kecil air dari kolam yang menyimpan bahan bakar atom di pembangkit nuklir Fukushima, tetapi tidak ada radiasi yang tidak terkendali terdeteksi.

Suga menambahkan akibat guncangan gempa yang terjadi pada hari Sabtu malam mengakibatkan, 12 orang menderita luka serius dan 141 luka ringan. Selain itu juga mempengaruhi akses dan perekonomian di daerah terdampak gempa.

Bisnis lain yang terkena dampak termasuk:

1. Mitsui Chemicals Inc. mengatakan pabrik Ichihara miliknya, yang mencakup naphtha cracker, di Chiba ditutup karena pemadaman listrik. Diperlukan waktu sekitar 10 hari untuk memulai kembali pabrik.

2. ENEOS Holdings Inc. mengatakan mereka menghentikan sementara kilang Sendai, sementara beberapa unit di kilang Negishi dihentikan.
3. Idemitsu Kosan Co mengatakan satu-satunya unit penyulingan minyak mentah dan beberapa unit sekunder di kilang Chiba dihentikan karena listrik padam setelah gempa. Beberapa unit sekunder di kilang Keihin yang dioperasikan oleh unit Idemitsu Toa Oil Co. juga ditutup.
4. Japan Petroleum Exploration Co. menutup terminal impor LNG Soma, yang memasok pembangkit listrik berbahan bakar gas di dekatnya, dan memeriksa potensi kerusakan. Japex tidak menyediakan timeline untuk memulai ulang.
5. Pabrik JFE Steel di prefektur Miyagi tetap ditutup setelah gempa, sementara Nippon Steel Corp. mengatakan semua fasilitas produksinya beroperasi seperti biasa pada hari Minggu.
6. Murata Manufacturing Co. menghentikan sementara operasi di fasilitas Fukushima dan Miyagi, seorang juru bicara. Pabrik menangani baterai, filter, perangkat RF, dan komponen lainnya dan penutupnya tidak diharapkan bertahan lama.
7. Renesas Electronics Corp. menghentikan operasinya di pabrik Ibaraki untuk memeriksa kamar bersih gedung.
8. East Japan Railway Co. mengatakan bagian dari layanan kereta api dan peluru berkecepatan tinggi akan tetap ditangguhkan hingga Senin karena kerusakan pada jalur listrik. Jalur kereta peluru Shinkansen Tohoku akan membutuhkan 10 hari untuk melanjutkan layanan penuhnya, menurut NHK.
9. East Nippon Expressway Co. mengatakan telah menutup jalur yang menghubungkan Fukushima dan Miyagi karena tanah longsor.
10. Orocobre Ltd. mengatakan pemeriksaan awal Pabrik Hidroksida Lithium Naraha dengan kontraktor konstruksi Veolia Jenets menemukan kerusakan kecil pada kantor lokasi tetapi tidak menemukan kerusakan yang terlihat pada peralatan pabrik.

Badan Metereologi Jepang menjelaskan, gempa Sabtu malam yang menghuncang wilayah Tohoku, 220 kilometer (135 mil) utara Toky mengakibatkan, lebih dari 830.000 rumah tangga di wilayah Tohoku dan Kanto mengalami pemadaman listrik.

Harga listrik grosir sehari-hari untuk Tokyo naik hampir 3 kali lipat menjadi sekitar 14 yen per kilowatt hour pada hari Minggu, karena banyak pemadaman di pembangkit listrik regional. Harga tergelincir 46% pada hari Senin karena pedagang mengharapkan lebih banyak pabrik untuk melanjutkan proses produksi, menghindari krisis pasokan.

Dilaporkan pada hari senin Harga listrik spot rata-rata nasional turun 9,5% menjadi 7,35 yen per kilowatt hour.(Erwin GG)