Kualitas Pengelolaan ‘Barometer’ Penilaian Pemenang Tender SPAM Batam

banner 468x60

Tajuk By Gusmanedy Sibagariang

Batam adalah kota Investasi dan perdagangan dunia internasional. Tentunya dengan kedudukan nya selain kota besar di Provinsi Kepulauan Riau. Kota Batam sejak beberapa dekade ini menjadi tujuan investor dunia Internasional.

banner 336x280

Keunikan Kota Batam yang memiliki letaknya yang sangat strategis berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia merupakan keuntungan tersendiri  bagi Kota Batam secara kusus wilayah Provinsi Kepulauan Riau dan indonesia secara umum.

Kota Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau sebagai bagian dari kawasan khusus perdagangan bebas Batam Bintan Karimun (BBK) dengan jumlah penduduk mencapai 1.157.882 jiwa.

Sebagai kota investor dan perdagangan Dunia Iternasional tentunya harus diimbangi dengan mutu Pelayanan terbaik disegala lini. Kualiatas Mutu terbaik pelayanan salah satu unsur penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Kesempurnaan mutu pelayanan akan menghadirkan kepuasan bagi seluruh masyakat dan terkusus bagi investor sehingga akan menjadi daya tarik yang mengikat para investor untuk berinvestasi di Kota Batam.

Mutu Pelayanan yang buruk akan menjadi presiden buruk bagi keberlangsungan Investasi di Kota Batam, termasuk pelayanan mutu Sistim Pengelolaan Air Minum (SPAM) Batam yang belakangan ini kerap dipersoalkan dan dikeluhkan masyarakat kota Batam, termasuk para investor yang mungkin tidak mampu menyampaikan keluhannya.

Kota Batam memiliki keunikan tersendiri dari kota kota besar diseluruh Kota di Tanah Air, dengan dua pemerintahan yaitu Pemerintah Kota yang bertugas mengurus administrasi kependudukan dan pencatatan sipil maupun Sumber Daya Manusia dan Badan Pengusahaan (BP) Batam yang berperan dalam tata kelola lahan dan investasi di kota Batam.

Dengan dua potensi kepemimpinan ini sudah selayaknya masyarakat kota Batam memperoleh kualitas mutu pelayanan terbaik disegala lini. Namun terkusus pelayanan SPAM Batam yang akhir-akhir jauh dibawah standar pelayanan umum nya.

Salah satu hak dasar masyarakat yang harus dijamin oleh dua institusi pemerintahan ini yakni mendapatkan air minum yang layak.

Untuk memenuhi kebutuhan air yang menjadi kebutuhan primer itu, BP Batam kembali membuka tender pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Ini merupakan kali kedua paska kontrak kerjasama dengan PT ATB yang tahun lalu sudah berakhir.

Tender ini dilakukan untuk mencari mitra BP Batam yang nantinya akan melanjutkan pengelolaan SPAM Batam selama 25 tahun kedepan.

Dalam memenangkan salah satu Perusahaan Swasta dalam tender layanan publik ini, BP Batam diharapkan Obyektif agar tidak salah dalam memilih Mitra dalam pengelolaan SPAM Batam.

Sangat dinanti, proses tender sedang berlangsung dan hasilnya dapat memuaskan seluruh elemen Masyarakat Batam. Sehingga apabila SPAM Batam dikelola oleh perusahaan yang berpengalaman dibidangnya maka kedepan BP Batam tidak akan sulit menjamin hak masyarakat untuk mendapatkan air yang layak, bersih dan cukup.

Kebutuhaan air merupakan hak dasar yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Oleh sebab itu, kualitas mutu pelayanan SPAM Batam harus menjadi “Parameter” dalam penilaian BP Batam selaku pemegang kendali keputusan untuk memenangkan perusahaan yang akan terpilih sebagai sang “Kolaborator”.

25 tahun bukanlah waktu yang singkat. Oleh karena itu, masyarakat Batam selaku konsumen mengharapkan BP Batam selaku pemegang kendali penuh mengambil keputusan yang tepat berpihak pada masyarakat.

Masyarakat Batam berharap penuh, BP Batam selaku institusi Profesional selalu berpedoman pada UUD 1945 dalam mengambil keputusan. Hal ini agar BP Batam tidak keliru serta terhindar dari praktek kepentingan dan korupsi Kebijakan. (Red)

 

banner 336x280