Pelansir Solar Subsidi Kembali Bereaksi Diwilayah Hukum Sagulung dan Batu Aji

0
87

Silabuskepri.co.id, Batam — Para pelangsir Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar kian merajalela hampir disemua SPBU yang berada di wilayah Sagulung dan Batu Aji. Hal ini diungkapkan salah seorang Ketua LSM Rudi Ogan kepada media. Selasa (11/06/2019) dibilangan Batu Aji.

Lanjut Rudi menjelaskan, modus yang dilakukan para pelangsir BBM jenis solar tersebut, ”Jenis Mobil” sedan tankinya sudah dimodivikasi yang mengantre di SPBU sebagian besar adalah pelangsir BBM bersubsidi jenis solar. Kondisi itu mengakibat mobil milik masyarakat kesulitan mendapatkan BBM bersubsidi.
“Aksi pelangsir terjadi hampir di seluruh SPBU yang ada diwilayah sagulung dan Batu Aji, BBM yang dilangsir tersebut diduga dijual ke industri dan sebagian lagi ditimbun untuk dijual saat harga BBM subsidi naik,” jelas Rudi.

Rudi juga menambahkan, bahwa hal ini perlu penanganan serius dari Pemerintah untuk menertibkan kendaraan pelangsir solar tersebut.

”Hal ini perlu penangan serius dari Pemerintah, sebab apabila tidak, dikhawatirkan kondisinya akan semakin parah, selama ini keberadaan pelangsir BBM subsidi di SPBU tidak pernah terusik dan seakan Pemerintah daerah bersama aparat penegak hukum memang merestui praktek penyelewengan BBM subsidi tersebut”,jelasnya.

Rudi juga menuding bahwa sejumlah SPBU tersebut melakukan tindak kecurangan, yakni dengan melakukan pengisian BBM bersubsidi ke dalam puluhan jerigen.

”Sejumlah SPBU tersebut juga berbuat curang, yakni melakukan pengisian BBM subsidi ke dalam puluhan jerigen karena minimnya pengawasan sehingga dimanfaatkan pihak pengelola SPBU untuk menyelewengkan BBM bersubsidi. Sebetulnya untuk menangkap mobil pelangsir sangat mudah, selain memiliki ciri khusus, setiap hari mengantre di SPBU. Namun hal itu tampak tidak pernah dilakukan oleh aparat penegak hukum,” ujarnya dengan nada kesal.

Rudi juga menyampaikan harapanya kepada Pemerintah dan juga aparat penegak hukum untuk dapat menindaklanjuti persoalan ini.

”Sebagai masyarakat dan sekaligus sosial control, besar harapan kami agar pihak terkait selaku penegak hukum agar dapat menindaklanjuti dan mengambil langkah yang dianggap perlu serta memberi sanksi tegas terhadap para pelaku pelangsir BBM jenis solar tersebut, karna ulah mereka ini sudah merugikan masyarakat yang benar-benar membutuhkan minyak solar bersubsidi,” ujar Rudi mengakhiri. (Tim)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.