Foto : Sekdako Batam Jefridin dalam Safari Kwartir Ranting Pramuka Kota Batam

Silabuskepri.co.id, Batam | Pada akhir pekan, Sekretaris Daerah Kota Batam yang juga selaku Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam Jefridin bersafari ke beberapa kwartir ranting (Kwarran) Pramuka, yakni Batamkota, Nongsa serta Seibeduk.

Tidak sekadar kunjungan, kegiatan ini juga diisi dengan kegiatan sosial. Seperti gotong royong, membagikan masker dan handsanitaser.

“Roadshow dari kemarin, yaitu di Batuampar, Bengkong serta Lubukbaja,” kata Jefridin.

Ia menyebutkan, Kwarcab ingin menggairahkan kembali kegiatan kepramukaan di tingkat ranting. Harapan Ketua Kwarcab Batam Amsakar Achmad yang juga Wakil wali Kota Batam kegiatan pramuka harus terus berjalan hingga tingkat ranting.

“Pramuka harus tetap hadir di tengah masyarakat,” kata dia.

Selain itu, Jefridin juga mengajak Pramuka untuk tetap andil dalam pencegahan dan penanganan COvid-19. Sejauh ini, penanganan kasus Covid-19 di Batam sangat baik, namun ia meminta semua pihak untuk tidak lengah hingga pandemi benar-benar usai.

“Tidak boleh lengah dan sombong. Prokes harus tetap dilaksanakan, pakai masker, jaga jarak juga batasi mobilitas,” kata dia.

Ia juga berharap Pramuka menjadi bagian yang ikut menyukseskan vaksinasi. Kini capaian vaksinasi di Batam telah menyentuh angka 85 persen lebih untuk dosis 1 sedangkan dosis kedua telah mencapai 65 persen lebih.

Artinya, dari data ini sekitar 14 persen yang belum mengikuti vaksinasi. Jumlah tersebut terdiri dari masyarakat yang secara medis memang tidak bisa menerima vaksinasi karena penyakit tertentu, masyarakat yang namanya ada namun telah pulang kampung dan yang terakhir yang tidak ingin divaksin.

“Nah yang ketiga ini, yang perlu kita bersama ajak dan beri pemahaman. Pramuka menjadi salah satu garda terdepan ajak saudara-saudara kita yang belum divaksin ini,” harap dia.

Jefridin mengatakan, vaksinasi merupakan ikhtiar dalam menangani pandemi. Dengan vaksinasi akan meningkatkan kekebalan terhadap virus penyebab Covid-19. Selain itu, vaksinasi merupakan syarat ketika bepergian.

“Sampaikan hal ini kepada saudara kita secara baik. Demi menjaga mereka dan orang sekitar mereka,” imbuhnya.

Selain alasan kesehatan, bukan rahasia umum pandemi telah menganggu ekonomi. Keadaan ini akan berlanjut jika pandemi tidak segera ditangani. Untuk itu, ia berharap andil kolektif semua pihak sehingga pandemi teratasi, kesehatan masyarakat terjaga dan ekonomi segera pulih.

“Harapan pak Wali Kota Batam Muhammad Rudi, vaksinasi rampung akhir tahun ini,” pungkasnya. (**)