Silabuskepri.co.id, Pelalawan – Pemda Kabupaten Pelelawan menggelar Musrenbang pada Senin (10/5/21) bertempat di Auditorium Lantai III Kantor Bupati. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Pelalawan H.Zukri

Kegiatan ini dihadiri bupati sekaligus membuka acara dan Wakil Bupati H. Nasaruddin,SH,MH, Ketua DPRD H.Baharuddin,SH,MH, Sekda H.Tengku Mukhlis, Kepala Bappeda Ir.M.Syahrul Syarif,M.Si.

Selain itu tampak hadir Mantan Bupati Pelalawan H.Tengku Azmun Ja’afar, Mantan Wakil Bupati H.Marwan Ibrahim,Tokoh Masyarakat, Pemuda, Agama, Kepala OPD, dan Pimpinan Perusahaan.

Kegiatan ini juga berlangsung secara virtual kepada para camat dan praktisi akademisi yang menyaksikan secara live streaming. Disamping itu juga berlangsungnya diskusi yang di buka oleh narasumber Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan RI, Ketua Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Ir Gulat Manurung,MP,C.APO

Kepala Bappeda Pelalawan Ir.M.Syahrul Syarif,M.Si  mengatakan bahwa tahapan sudah di mulai terlebih dahulu melalui komunikasi yang di lakukan kepada Bupati dan Wakil Bupati sebelum dilantik terkait rancangan RPJMD ini sejak bulan februari 2021.

Kemudian setelah dilantik pada tanggal  26 April 2021  kemudian di lanjutkan pada tanggal 28 April 2021 konsultasi awal, kemudian kita bawa ke DPRD setelah itu keluar rekomendasi dari Pemerintah Propinsi Riau.

Kepala Bappeda M.Syahrul berharap  dari musrenbang ini adanya masukan dan akan direview kembali di lakip dan setelah itu di bawa ke DPRD kembali  dimana maksimal 6 bulan sesuai arahan Kemendagri harus tuntas setelah dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati. Di harap pertengahan juni ini telah rampung RPJMD tahun 2021-2026.

Sementara itu Bupati Pelalawan H.Zukri dalam sambutannya membuka rancangan RPJMD mengatakan sesuai dengan Visi Pelalawan Maju 2026 dengan membawa Lima Misi. Dimana yang menjadi tujuan dari Musrenbang ini adalah untuk menyamakan persepsi bahwa RPJMD ini menjadi cita cita mulia dalam mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Pelalawan.

“Untuk mewujudkan Pelalawan Maju 2026 dengan membawa lima misi yakni Maju SDM yang agamis, Maju Ekonomi, Maju Infrastruktur, Maju Wisata dan Budaya serta Maju Pemerintahan, dilaksanakannya Musrenbang Rancangan RPJMD Tahun 2021-2026,” ujarnya

Dia juga mengharapkan kritikan dan masukan untuk penyempurnaan dari penyusunan RPJMD ini, akan tetapi perlu persamaan pemikiran kita tujuannya bukan hanya sekedar  mempersiapkan penyelesaian dokumen saja namun RPJMD ini sebagai roh pembangunan menuju Pelalawan Maju sejalan dengan proses pembangunan agar dapat berjalan dengan baik.

Mantan Wakil Ketua DPRD Propinsi Riau ini menambahkan kepada stakeholder yang terlibat bahwa tujuan hanya satu yang menjadi mimpi kita bersama untuk mensejahterakan rakyat. Kalau ingin mensejahterakan rakyat  barometer yaitu kemiskinan semakin menurun kemiskinan  kemudian pengangguran semakin kecil,untuk menuju masyarakat yang sejahtera itu di butuhkan yaitu adanya sentuhan pembangunan,ekonomi yang kuat serta pelayanan yang baik. ( */Pranseda)