Dinkes Lingga Gelar Rapat Koordinasi Upaya Penurunan Stunting

0
26

Silabuskepri.co.id, Lingga –-Dinas kesehatan kabupaten Lingga, menggelat rapat koordinasi, Lintas sektor dan program dalam rangka strategi penurunan Stunting.

Stunting adalah sebuah kondisi dimana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya.

Rapat tersebut di gelar selama tiga hari dimulai pada Senin-Kamis, 2-4 Jui 2019, bertempat di gedung Nasional Dabosingkep Kabupaten Lingga.

Rapat tersebut dilaksanakan mengingat Kabupaten lingga pada tahun 2019 ini merupakan salah satu kabupaten yang menjadi lokus (tempat) stunting dari 160 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Kepala Bidang promkes Dinkes PPKB Kabupaten Lingga Wahyudi Eka Putra mengatakan, bHwa sesuai yang sampaikan dalam laporan pembukuan kegiatannya menunjukkan prevelensi stunting saat ini cukup tinggi.

Menurutnya permasalahan yang mendasar ialah ketidak tahuan masyarakat terhadap faktor faktor penyebab stunting dan akses pelayanan kesehatan yang belum maksimal dimanfaatkan dengan baik oleh sasaran dan masyarakat di samping kualitas pelayanan yang belum semuanya memenuhi standar.

Selain itu, Kata Dia, juga ada faktor lain yang sangat terbesar seperti pergerakan dan pemberdayaan masyarakat yang masih rendah.

“Faktor lainnya yang paling berpengaruh terhadap terjadinya stunting diantaranya praktik pengasuhan yang tidak baik terhadap balita dan anak, sehingga menyebabkan kurangnya pengetahuan tentang gizi pada pra kehamilan, masa kehamilan dan setelah melahirkan pada orang tua dan keluarga.” terangnya

Wahyu menambahkan, Praktek sederhananya seperti pemberian colostrum pada saat bayi baru lahir yang tidak diberikan dan tidak di berikan Asi. Kita berharap dari hasil rapat koordinasi ini, terkoordinasi perencanaan, penganggaran pelaksanaan evaluasi dan monitoring penurunan stunting secara sinergi dengan semua OPD sehingga apa yang kita harapkan yaitu penurunan stunting dapat terujud.” Katannya ( Juhari )

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.