Silabuskepri.co.id, Lingga – Bupati Lingga, Muhammad Nizar meminta Dinas Perikanan Lingga untuk memberikan edukasi kepada kelompok tambak udang vanamei yang gagal panen. Hal itu Ia sampaikan saat berdiskusi di Gedung Daerah, Daik, Jumat (16/7/21).

Nizar menyampaikan bahwa Pemkab Lingga telah mengeluarkan dana kepada Dinas Perikanan untuk pembangunan tambak udang vanamei.

“Tahap awal pembukaan tambak, setiap kelompok diberikan bantuan, baik berupa bibit, pakan, obat-obatan dan perlengkapan lainnya,” kata Nizar.

Namun kata Nizar, beberapa kelompok seperti di Desa Sungai pinang, Kudung, Tanjung Bungsu dan Panggak Laut masih gagal sehingga masih membutuhkan bantuan berupa bibit.

Oleh karena itu, Nizar berpesan agar Dinas Perikanan berkolaborasi dengan pendamping yang sudah diberikan surat tugas untuk memberikan edukasi pada kelompok tersebut.

“Itu harus dilakukan cepat, sebab ada yang berhasil dan hari ini sudah mandiri. Harus malu dengan desa lain yang sudah masuk ke panen selanjutnya tanpa bantuan pemerintah,” tegasnya.

Ia meminta agar edukasi diberikan sesegera mungkin, sehingga bantuan yang diberikan selanjutnya dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak gagal lagi.

“Kalau tidak berhasil lagi, jangan kasih bantuan lagi. Ini harus klop, tidak boleh dibantu lagi. Kasian kepada yang sudah mandiri, tanpa pendampingan, bahkan mereka melibatkan pihak ketiga,” tegasnya.

Ia juga meminta agar Dinas Perikanan melakukan evaluasi terhadap tenaga pendamping. Hal ini agar fungsi pendamping dalam mengedukasi masyarakat tepat sasaran

“Tenaga pendamping harus betul-betul turun ke lapangan, mendampingi, mengedukasi kelompok tambak. Jangan kebiasaannya hanya meminta atau menunggu laporan saja,” tukasnya.(Anang)