Batam, Silabuskepri.co.id — Palang Merah Indonesia (PMI) membutuhkan kurang lebih 5 juta kantong darah setiap tahunnya. Namun, data tahun 2013 menyatakan bahwa Indonesia masih kekurangan stok darah hingga setengah dari total yang diperlukan dilansir dari laman Kemenkes RI. Hal tersebut menjadi acuan buat Gusmanedy menyumbangkan darahnya dikantor PMI Batam Center sebanyak 250 cc belum lama ini.

Lelaki yang akrap dikenal sebagai Pimpinan Redaksi portal berita Independennews.com menyampaikan dirinya peduli kepada sesama untuk mendonorkan darahnya secara sukarela untuk membantu orang yang membutuhkan.

“Donor darah merupakan kristalisasi tindakan  nyata untuk membantu sesama dengan sukarela, kita terpanggil untuk  membantu mereka yang membutuhkan, menolong sesama merupakan tanggung kita sebagai insan ciptaan Tuhan, ” Katanya kepada Silabuskepri.co.id, kamis 6 Desember 2018.

Lanjut Gusmanedy menuturkan dibalik dirinya yang kerap kali mendonorkan darah, ternyata dapat mengurangi gejala penyakit darah tinggi dan kolesterol. Pasalnya dirinya sudah beberapa kali mendonorkan darahnya, seperti diyonif 134, Mako Brimob Polda Kepri saat acara ulang tahun.

“Saya merasakan ada perubahan dibalik saya sering mendonorkan darah, seperti darah tinggi dan kolestrol saya menurun,” tuturnya.

Gusmanedy pun menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak takut mendonorkan darah nya, dikarenakan dirinya memastikan kesehatannya lebih baik setelah beberapa kali melalukan donor darah, yang diakuinya sel darah yang dikeluarkan akan diganti dengan sel darah baru.

“Sebagai bentuk nyata melakukan kasih kepada sesama. Saya akan tetap mendonorkan darah saya, selagi diberikan oleh yang Maha Kuasa kesehatan dan kemampuan.” Tutupnya. (Pino)