Silabuskepri.co.id, Tanjungpinang – Walikota Tanjungpinang bersama para pejabatnya keliling masjid pada jum’at berkah dengan sebutir beras segenggam kasih sayang dimulai Jum’at (26/2/2021)

Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk saling peka dan peduli dengan sesama. Hal ini ditunjukkan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Tanjungpinang dengan menyisihkan 2,5% pendapatannya sebagai zakat penghasilan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tanjungpinang. Dari hasil pengumpulan zakat ASN ini disalurkan dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan dengan pelaksanaan Program Sebutir Beras Segenggam Kasih Sayang di Masjid Al Buchori, Sei Ladi, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Jumat (26/2).

Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S. IP bersama seluruh kepala OPD pemko Tanjungpinang menyerahkan beras hasil zakat dilaksanakan di wilayah Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota untuk 500 KK. Rahma mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan setiap bulannya di setiap kelurahan. Dalam kesempatan itu, Rahma juga menjaring kebutuhan masyarakat dengan menanyakan langsung kebutuhan masyarakatnya. “Bantuan ini tidak hanya sembako, kami juga akan menginventaris kebutuhan lainnya untuk menunjang usaha warga dalam rangka memperkuat ekonomi di tengah pandemi,” tambahnya.

Rahma menanyakan langsung kepada masyarakat yang hadir pada kesempatan itu mengenai kebutuhan yang diperlukan bagi yang memiliki usaha kecil. Ada yang membutuhkan alat masak, gerobak dagang, dan kesemuanya dicatat langsung oleh lurah setempat.

Lebih lanjut Rahma menjelaskan bahwa bantuan yang disalurkan ini bukan bersumber dari APBD, melainkan dari penghasilan ASN yang bersedia menyisihkan penghasilan yang didapat setiap bulannya sebesar 2,5%. “Insya Allah dari zakat ini akan disalurkan perbulannya lewat kegiatan Jumat Berkah dan peruntukannya sesuai 8 asnaf bisa dalam bentuk sembako atau barang lainnya sesuai kebutuhan”, jelasnya.

Selain itu, Rahma menambahkan untuk bantuan RTLH juga dapat dibantu dengan melengkapi syarat-syaratnya dan melaporkan ke lurah. Namun disaat ada rumah yang kondisinya harus segera diperbaiki maka melalui zakat ini dapat membantu. “Kami selalu bersinergi dalam membantu masyarakat yang sedang kesulitan, melalui zakat ASN ini dapat ditanggulangi secara cepat. Kami akan memfasilitasi dan menanggulanginya terlebih dahulu,” tambahnya.

Terakhir, Rahma menyampaikan ucapan terima kasih kepada para ASN Pemko Tanjungpinang yang telah menyisihkan penghasilannya untuk zakat profesi yang disalurkan melalui Baznas Kota Tanjungpinang.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur karena ASN Pemko Tanjungpinang bersama-sama menyisihkan penghasilannya untuk membayar zakat dan membantu masyarakat yang sedang membutuhkan, atas keikhlasan dari para ASN semua dapat tertangani dengan baik melalui Baznas Kota Tanjungpinang, mudah-mudahan dapat terus dilaksanakan untuk membantu masyarakat Tanjungpinang,” pungkasnya.

Adapun lokasi pendistribusian Jumat Berkah ini yaitu di Masjid Al Buchori Sei Ladi, Masjid Khadijah Nurul Haq Jalan Abdul Rahim Kampung Bugis, Masjid Al Mujahidin Jalan Daeng Salili Kampung Bugis, Masjid Al Kautsar Jalan Sei Terusan Kampung Bugis, dan terakhir Rahma menyerahkan bantuan sebesar Rp20 juta dan dari Baznas sebesar Rp10 juta untuk pembangunan masjid Hidayatullah Islamiyah kampung madong.

Sementara itu Kepala Baznas Kota Tanjungpinang Muqtaffin Trengganu menyampaikan, dengan dana zakat BAZNAS Kota Tanjungpinang bisa menjadi wasilah untuk menyampaikan kepada mustahiq.

“Kami menucapkan terima kasih kepada Walikota Tanjungpinang yang sudah menggagas program seperti ini. Kami berusaha akan menyalurkan kepada yang berhak. Karena sesungguhnya memberi akan memberikan kebagiaan bagi yang menerima”, ungkapnya.

“kami ucapakan terimakasih kepada ASN pemko tanjungpinang dan Walikota Tanjungpinang yang menyemangati jajarannya untuk berzakat”, tutupnya.

(Simon.STp/Prokompim)