Silabuskepri.co.id, Batam — Ketua Karang Taruna Kota Batam Drs. Zul Arif yang juga ASN Pemko Batam menyampaikan adanya pembekuan terhadap pengurus Karang Taruna Kelurahan Mukakuning adalah hak Lurah sebagai Pembina dalam organisasi tersebut.

“Karang Taruna merupakan Organisasi Sosial Kemasyarakatan Mitra Pemerintah, mulai dari proses awal pembentukan sampai dilegalkan melalui Keputusan Pemerintah (SK Lurah/Camat/Bupati/Walikota/Gubernur/Menteri Sosial).

Organisasi ini tidak sama dengan OKP/LSM yang tidak bermitra langsung dengan Pemerintah. Dan setiap aktivitas Karang Taruna dipertanggungjawabkan kepada Pembina Karang Taruna masing masing tingkatan.

Soal pembekuan Pengurus Karang Taruna Kelurahan Mukakuning menurutnya, merupakan hak dari Lurah selaku pembina untuk memberdayakan atau tidak memberdayakan Organisasi tersebut.

“Dan apabila ada yang merasa keberatan dengan pembekuan tersebut, agar ditempuh melalui jalur hukum yang berlaku. Sesuai dengan isi kiriman Surat yang Saudara Ketua Karang Taruna Kelurahan Mukakuning yang tidak sejalan dengan Pemerintah, Lurah membekukan kepengurusan Karang Taruna Kelurahan Mukakuning untuk waktu yang tidak ditentukan. Kalau ada yang keberatan silahkan tempuh jalur sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Zul kepada Silabuskepri.co.id. Selasa,(14/5/2019).

Lebih jauh Zul mengungkapkan pembekuan tersebut sudah sesuai dengan ADRT Organisasi.

Ditempat terpisah, Ketua Karang Taruna Harianto mengatakan bahwa dalam surat pembekuan Karang Taruna Kelurahan Mukakuning yang dikeluarkan oleh lurah Mukakuning ada 3 poin yang dinilai tidak memiliki alasan dan dasar hukum yang jelas.

”Kami sebagai pengurus karang taruna kelurahan Mukakuning telah menjalankan roda organisasi sesuai yang diharapkan. Dengan melakukan berbagai kegiatan. Kami menduga surat pembekuan ini sengaja di buat, dan kami menduga ada yang mengintervensi pihak Lurah agar mengeluarkan surat yang tidak memiliki alasan yang jelas, dalam membekukan Karang Taruna Kelurahan Mukakuning,” ungkap Harianto.

Sampai berita ini diupdate, awak media ini belum mendapat alasan dan dasar apa Lurah Muka Kuning membekukan kepengurusan Karang Taruna di wilayahnya. (P. Sib)

BAGIKAN
Berita sebelumyaKomisi IV DPRD Kota Batam Naikkan Gaji Guru Honorer
Berita berikutnyaBupati Haris Pimpin Rapat Kordinasi Tentang Penegasan
Redaksi Pelindung : Tuhan Yang Maha Esa Penasehat : Brigjen Purn Parasian Simanungkalit,SH, MH. Susunan Redaksi Pemimpin Umum / Penanggung Jawab Gusmanedy Sibagariang AMD Pemimpin Redaksi Tumpak Simbolon, SH Pengembangan dan Periklanan Rismauli Sinaga Redaktur : Sandi Pusaka Herman , Niko. S Korlip : Pineop Siburian Wartawan Batam : Tumpak Simbolon, Ramli, Manguji Silaban, Mirwansyah Biro Tj Balai karimun : — Biro Lingga : Suarman wartawan : Juhari Biro Anambas : M Yanis wartawan : Firmandani Biro Natuna : Nizar Biro Bintan : Edy Biro Tanjungpinang : Mayer S Perwakilan Riau Daratan : Perwakilan Zona Sumatera Perwakilan Riau dan Biro Pelelawan : Pranseda Simanjuntak Kampar : Perwalikan zona Jawa : Perwalikan zona indonesia Tumur : Perwakilan zona Kalimantan : Bidang Pengembangan Usaha Marketing Maneger : Jeni Kartika Sinaga Badan Hukum : PT. Goes Siber Mandiri Sukses Nomor AHU : 0054024.AH.01.01 NPWP : 80.762.640,3-225.000 Nomor TDP : 33.10.1.58.18242 No SIUP : 02137/BPMPTSP-BTM/PAK/2016 Alamat : Kompleks Ruko Rabayu Blok E No. 2 Tembesi, Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia Kode pos : 29439 Telepon : 0778-7432139 Hp +628127063321 Email : redaksisilabus@gmail.com