Pengurus Karang Taruna Muka Kuning Dibekukan, Ini Kata Ketua Karang Taruna Batam

0
74

Silabuskepri.co.id, Batam — Ketua Karang Taruna Kota Batam Drs. Zul Arif yang juga ASN Pemko Batam menyampaikan adanya pembekuan terhadap pengurus Karang Taruna Kelurahan Mukakuning adalah hak Lurah sebagai Pembina dalam organisasi tersebut.

“Karang Taruna merupakan Organisasi Sosial Kemasyarakatan Mitra Pemerintah, mulai dari proses awal pembentukan sampai dilegalkan melalui Keputusan Pemerintah (SK Lurah/Camat/Bupati/Walikota/Gubernur/Menteri Sosial).

Organisasi ini tidak sama dengan OKP/LSM yang tidak bermitra langsung dengan Pemerintah. Dan setiap aktivitas Karang Taruna dipertanggungjawabkan kepada Pembina Karang Taruna masing masing tingkatan.

Soal pembekuan Pengurus Karang Taruna Kelurahan Mukakuning menurutnya, merupakan hak dari Lurah selaku pembina untuk memberdayakan atau tidak memberdayakan Organisasi tersebut.

“Dan apabila ada yang merasa keberatan dengan pembekuan tersebut, agar ditempuh melalui jalur hukum yang berlaku. Sesuai dengan isi kiriman Surat yang Saudara Ketua Karang Taruna Kelurahan Mukakuning yang tidak sejalan dengan Pemerintah, Lurah membekukan kepengurusan Karang Taruna Kelurahan Mukakuning untuk waktu yang tidak ditentukan. Kalau ada yang keberatan silahkan tempuh jalur sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Zul kepada Silabuskepri.co.id. Selasa,(14/5/2019).

Lebih jauh Zul mengungkapkan pembekuan tersebut sudah sesuai dengan ADRT Organisasi.

Ditempat terpisah, Ketua Karang Taruna Harianto mengatakan bahwa dalam surat pembekuan Karang Taruna Kelurahan Mukakuning yang dikeluarkan oleh lurah Mukakuning ada 3 poin yang dinilai tidak memiliki alasan dan dasar hukum yang jelas.

”Kami sebagai pengurus karang taruna kelurahan Mukakuning telah menjalankan roda organisasi sesuai yang diharapkan. Dengan melakukan berbagai kegiatan. Kami menduga surat pembekuan ini sengaja di buat, dan kami menduga ada yang mengintervensi pihak Lurah agar mengeluarkan surat yang tidak memiliki alasan yang jelas, dalam membekukan Karang Taruna Kelurahan Mukakuning,” ungkap Harianto.

Sampai berita ini diupdate, awak media ini belum mendapat alasan dan dasar apa Lurah Muka Kuning membekukan kepengurusan Karang Taruna di wilayahnya. (P. Sib)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.