Foto : Bupati Lingga bersama Dinas Terkait saat meninjau lokasi langganan banjir di Desa Kote

SilabusKepri.co.id, Lingga | Dalam kunjungannya di Desa Kote, Bupati Lingga Muhammad Nizar di dampingi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kunjungan tersebut di Disa Kote guna meninjau lokasi yang sering terkena banjir di desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir. Hasil dari peninjauan ini, Nizar meminta titik sungai tersebut, dapat segera di normalisasi, Jum’at (5/11/2021).

Nizar menjelaskan alasan segera meminta dinas teknis untuk menormalisasikan sungai itu, untuk menghindari terjadinya banjir ketika air laut pasang dimusim curah hujan tinggi. Karena memeng aliran sungai yang telah menyempit dan dangkal merupakan penyebab banjir.

“Untuk kepentingan bersama, agar banjir tidak lagi terjadi disini. Kita meminta dinas teknis untuk cepat menanggapi permasalahan, atau hasil dari peninjauan hari ini,” kata Nizar.

Sementara Kepala PUPR, Novrizal yang diwakili Kabid Sumber Daya Air (SD), Ardi yang turut mendampingi peninjauan Bupati Lingga ke lokasi, mengatakan dari hasil pantauan memang kondisi sungai utama di Desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir tersebut tersebut sudah mengalami pendangkalan.

Menanggapi hal tersebut, pihak PUPR siap menganggarkan kegiatan normalisasi sungai Desa Kote dari APBD tahun 2022 mendatang.

“Untuk menghindari terjadinya banjir, kaki siapkan anggaran untuk tahun 2022, dilakukan pendalaman dan pelebaran sungai,” kata dia.

Selain peninjauan untuk normalisasi sungai Desa Kote, kata dia Dinas PUPR juga telah melakukan rapat dengan pihak Kelurahan Sungai Lumpur dan Desa Berindat pagi tadi. Dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV berencana akan melakukan normalisasi sungai di Kelurahan Sungai Lumpur, Dabosingkep, dalam waktu dekat ini.

“Tadi juga kami telah melakukan rapat, dan kedua pihak baik kelurahan dan Desa Berindat mendukung rencana dari BWS Sumatera IV, dalam bulan ini,” jelas Ardi. ( juhari)