Batam, Silabuskepri.co.id_ Anggota DPRD Batam melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam. Senin (29/6/2020) pagi.

Hal tersebut dilakukan menanggapi Banyaknya aduan dan keluhan masyarakat Batam terkait pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam yang dinilai kurang bagus dan maksimal.

“Sebelumnya kita sudah mengantongi informasi terkait keluhan dari masyarakat akan kondisi pelayanan yang kurang bagus dan maksimal. Dan dari hasil sidak ini, kita menemukan adanya hal-hal yang kiranya perlu diperbaiki segera oleh dinas tersebut,” kata Safari Ramadhan, Anggota Komisi 1 DPRD Kota Batam kepada wartawan.

BACA JUGA : Anggota DPRD Batam Minta Oknum Kabid Disduk Dicopot, Jefridin Lempar Kepada Walikota

Hal Senada juga diungkapkan oleh Utusan Sarumaha, bahwa sidak yang dilakukan pihaknya berkaitan dengan banyaknya laporan yang masuk dari warga Batam dan juga tindakan oknum Kabid yang viral belakangan ini.

“Kabid Abdul Malik tidak ada ditempat sewaktu kami sidak, alasannya sedang cuti,” kata Sarumaha.

Tidak mendapati Kabid Abdul Malik di kantor Disduk Batam. Sarumaha menegaskan pihaknya tetap tegas meminta Walikota Batam untuk mencopot Abdul Malik yang telah mempersulit masyarakat.

BACA JUGA : Oknum PNS Disduk Tolak Surat Kuasa, Said Khaidar Janji Minta Saran Sekda Batam

“Kami dari Komisi 1 DPRD Batam tetap tegas meminta Walikota Batam untuk mencopot Abdul Malik dari Disduk Batam. Kita butuh Kabid yang penuh inovasi untuk membantu masyarakat,” jelasnya.

Komisi 1 DPRD Batam dalam waktu dekat akan melakukan pemanggilan kepada instansi Disduk Batam untuk melakukan rapat dengar pendapat (RDP).

“Kami akan segera panggil Disduk Batam untuk RDP,” tegas Sarumaha kepada Silabuskepri.

Sebelumnya, salah satu masyarakat Kota Batam mengajukan pengurusan akte kematian dengan menggunakan surat kuasa. Dimana keluarga almarhum diketahui tinggal di Sibolga, Sumut, sehingga orang tua almarhum memberikan surat kuasa kepada keluarga di Batam untuk mengurus akte kematian tersebut.

Namun, pihak Disduk Batam melalui Abdul Malik selaku Kabid Kependudukan menolak surat kuasa tersebut dan ngotot mengatakan harus pihak ahli waris yang bisa mengurus.

Saat keluarga (LS) yang diberikan surat kuasa untuk mengurus akte kematian tersebut bertanya. Abdul Malik malah cuek dan meninggalkan LS.

BACA JUGA : Upaya Pemko Batam Pulihkan Ekonomi Batam Setelah Pandemi Covid-19

Penolakan Kabid Abdul Malik inipun viral di Medsos hingga menuai protes dari warganet.

Kepala Dinas Disduk Batam langsung merespon hal tersebut setelah viral dibeberapa pemberitaan media online, hingga mengambil alih dan menyelesaikan langsung berkas tersebut. (P. Sib)

BAGIKAN
Berita sebelumyaWarga Kerinci Keluhkan Pelayanan  RSUD Selasih Yang Lalai Dalam Pelayanan
Berita berikutnyaSeluruh Prajurit TNI Tanjungpinang Dapat Sosialisasi Renstra TNI
Redaksi Pelindung : Tuhan Yang Maha Esa Penasehat : Brigjen Purn Parasian Simanungkalit,SH, MH. Susunan Redaksi Pemimpin Umum / Penanggung Jawab Gusmanedy Sibagariang AMD Pemimpin Redaksi Tumpak Simbolon, SH Pengembangan dan Periklanan Rismauli Sinaga Redaktur : Sandi Pusaka Herman , Niko. S Korlip : Pineop Siburian Wartawan Batam : Tumpak Simbolon, Ramli, Manguji Silaban, Mirwansyah Biro Tj Balai karimun : — Biro Lingga : Suarman wartawan : Juhari Biro Anambas : M Yanis wartawan : Firmandani Biro Natuna : Nizar Biro Bintan : Edy Biro Tanjungpinang : Mayer S Perwakilan Riau Daratan : Perwakilan Zona Sumatera Perwakilan Riau dan Biro Pelelawan : Pranseda Simanjuntak Kampar : Perwalikan zona Jawa : Perwalikan zona indonesia Tumur : Perwakilan zona Kalimantan : Bidang Pengembangan Usaha Marketing Maneger : Jeni Kartika Sinaga Badan Hukum : PT. Goes Siber Mandiri Sukses Nomor AHU : 0054024.AH.01.01 NPWP : 80.762.640,3-225.000 Nomor TDP : 33.10.1.58.18242 No SIUP : 02137/BPMPTSP-BTM/PAK/2016 Alamat : Kompleks Ruko Rabayu Blok E No. 2 Tembesi, Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia Kode pos : 29439 Telepon : 0778-7432139 Hp +628127063321 Email : redaksisilabus@gmail.com