Foto : Nuryanto SH

Batam – Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto,SH mengatakan penangkapan terhadap sejumlah terduga Teroris menunjukkan bahwa paham paham radikalisme di Batam tumbuh subur.

“Kita tidak akan tahu jika aparat kepolisian tidak menangkap para terduga teroris tersebut. Melihat sepintas Batam dalam kondisi aman aman saja, namun ternyata banyak faham faham radikal ditengah masyarakat kita.

“jika di istilahkan dalam pribahasa, kota Batam yang kita cintai ini sesuai dengan pribahasa yang mengatakan” air beriak tanda tak dalam, air tenang menghanyutkan. Sepintas kita lihat Batam aman aman saja, namun ternyata saat ini ada faham faham radikalisme sedang menyusun kekuatan dan berniat buruk.” Ujar Nuryanto Kepada independennews.com, Rabu (8/9/16) diruang kerjanya

Lebih jauh Nuryanto mengatakan kita mengapresiasi aparat kepolisian bisa bertindak cepat untuk mengantisipasi sejak dini.
“Penangkapan bagi kelompok paham radikal bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, sebab kelompok ini pintar dan sangat halus karena mereka dikemas dengan Agama, mereka memanfaatkan agama sebagai tameng, sehingga tidak mudah dikenali.

Selain itu, para teroris ini juga berlaku baik, ramah dan bersosial dengan masyarakat, mereka membaur dengan masyarakat sehingga sulit dikenal masyarakat awam,”ujar Nuryanto

“Kelompok radikal hanya bisa dikenal oleh orang yang sudah paham dan biasa mengenal perilaku mereka yakni aparat kepolisian. Namun untuk mengantisipasi paham tersebut tidak mungkin bisa dilakukan oleh aparat kepolisian, tentunya peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, jika ada kegiatan mencurigakan segera melaporkan hal itu kepada pihak berwajib.”kata Nuryanto

Dia menambahkan, aparat keamanan, penegak hukum, alim ulama dan segenap komponen masyarakat harus bersama-sama, benar benar secara kongkrit melakukan upaya untuk menangkal faham faham radikal tersebut.

Keamanan dan Invetasi Batam

Keamanan, kenyamanan dan kepastian hukum faktor utama masuknya investor ke batam, kata Nuryanto jika Batam tidak nyaman tentunya akan berdampak pada pertumbuhan investasi. Apabila Keamanan tidak dapat kitwbterjamin tentu akan berdampak buruk bagi pertumbuhan ekonomi Batam. Sebab faktor utama masuknya investor ke Batam adalah jaminan keamanan dan kenyamanan dari pemerintah merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi.”bagaimana mungkin investor masuk ke Batam, jika situasi keamanan dan kenyamanan tidak dapat kita jamin.

“Oleh karena itu, tindakan aparat kepolisian dalam penangkapan dini, terhadap sejumlah terduga teroris itu, menjadi nilai plusnya Batam saat ini. Kita mengapresiasi kepolisian atas kerja keras untuk memberikan rasa nyaman dan keamanan bagi Batam.”kata Nuryanto (Tumpak)