BATAM, SILABUSKEPRI.CO.ID — Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai pengelola di kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam, terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian melalui Penanaman Modal Asing (PMA).

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol Dendi Gustinandar mengatakan, realisasi investasi di Batam terus mengalami peningkatan. Beberapa investor asing atau Penanaman Modal Asing (PMA) menanamkan modalnya dan mulai membangun industri di Pulau Batam.

Realisasi Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam pada tahun 2019 meningkat tercatat sebesar USD359 juta dibandingkan Realisasi Investasi pada tahun 2018 sebesar USD326 juta.

“Total nilai invetasi yang telah tercatat berdasarkan data yang telah dihimpun oleh aplikasi Online Single Submission (OSS) melalui Direktorat Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal BP Batam, di tahun 2019 telah mencapai nilai lebih dari USD359 juta. Angka tersebut berasal dari 108 perusahaan yang menyerap tenaga kerja Indonesia sebanyak lebih dari 15.000 karyawan,” kata Dendi pada Kamis, 23 Januari 2020 di Marketing Centre BP Batam.

Dendi melanjutkan, rincian dari nilai investasi baru sebesar USD229 juta lebih yang terdiri dari 83 perusahaan. Nilai investasi baru ini menyerap 7.000 lebih tenaga kerja. Sementara itu nilai perluasan investasi sebesar USD130 juta lebih, investasi baru ini berasal dari 25 perusahaan dan menyerap lebih dari 7.900 tenaga kerja.

Adapun sektor dari investasi baru meliputi Hotel dan restoran; Industri instrumen kedokteran, mesin, elektronik, peralatan listrik dan optik; Industri kayu; Industri mesin, elektronik, instrumen kedokteran, peralatan listrik, persisi, optik dan jam; Industri barang dari kulit dan alas kaki; Industri karet dan plastik; Industri karet, barang dari karet dan plastik; Industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain; Industri kertas dan percetakan; Industri kimia dan farmasi; Industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya; Industri makanan; Jasa lainnya, Konstruksi; Listrik, gas dan air; Perdagangan dan reparasi; Perikanan; Pertambangan; Perumahan, kawasan industri dan perkantoran; Transportasi, gudang dan telekomunikasi.

Investasi yang melakukan perluasan berdasarkan sektor pada tahun 2019 ialah sektor Hotel dan Restoran; Industri mesin, elektornik, instrumen kedokteran, peralatan listrik, presisi, optik dan jam; Industri karet dan plastik; Industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain; Industri kertas dan percetakan; Industri kimia dan farmasi, Industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya; Industri tekstil; Jasa lainnya; Konstruksi; Perdagangan dan reparasi; dan Pertambangan.

Dari perkembangan realisasi investasi baru berdasarkan Negara tahun 2019, dengan jumlah 12 negara yang berasal dari Australia, China, Germany, Hongkong, India, Indonesia, Malaysia, Singapore, Taiwan-Province of China, UEA, United Kingdom, British Virgin Islands.

Jumlah perusahaan terbanyak berasal dari Indonesia dan Singapura yang masing-masing berjumlah 20 perusahaan. Total dari investasi baru berdasarkan Negara ini berjumlah lebih dari USD229 juta yang menyerap TKI sebanyak 7.689 orang.

Dendi mengungkapkan BP Batam akan senantiasa mengawal realisasi investasi dan perluasan di Batam. “BP Batam mengharapkan akan lebih banyak Penanam Modal Asing (PMA) baru yang masuk ke Batam dan menciptakan lapangan kerja,” katanya. (cc)

BAGIKAN
Berita sebelumyaUNIT PEMBERANTASAN PUNGLI KEPRI GELAR RAKER BERSAMA UPP KABUPATEN/KOTA TAHUN 2020
Berita berikutnyaKPU KKA Gelar Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 Anambas
Redaksi Pelindung : Tuhan Yang Maha Esa Penasehat : Brigjen Purn Parasian Simanungkalit,SH, MH. Susunan Redaksi Pemimpin Umum / Penanggung Jawab Gusmanedy Sibagariang AMD Pemimpin Redaksi Tumpak Simbolon, SH Pengembangan dan Periklanan Rismauli Sinaga Redaktur : Sandi Pusaka Herman , Niko. S Korlip : Pineop Siburian Wartawan Batam : Tumpak Simbolon, Ramli, Manguji Silaban, Mirwansyah Biro Tj Balai karimun : — Biro Lingga : Suarman wartawan : Juhari Biro Anambas : M Yanis wartawan : Firmandani Biro Natuna : Nizar Biro Bintan : Edy Biro Tanjungpinang : Mayer S Perwakilan Riau Daratan : Perwakilan Zona Sumatera Perwakilan Riau dan Biro Pelelawan : Pranseda Simanjuntak Kampar : Perwalikan zona Jawa : Perwalikan zona indonesia Tumur : Perwakilan zona Kalimantan : Bidang Pengembangan Usaha Marketing Maneger : Jeni Kartika Sinaga Badan Hukum : PT. Goes Siber Mandiri Sukses Nomor AHU : 0054024.AH.01.01 NPWP : 80.762.640,3-225.000 Nomor TDP : 33.10.1.58.18242 No SIUP : 02137/BPMPTSP-BTM/PAK/2016 Alamat : Kompleks Ruko Rabayu Blok E No. 2 Tembesi, Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia Kode pos : 29439 Telepon : 0778-7432139 Hp +628127063321 Email : redaksisilabus@gmail.com