Tim Satgas Gabungan WFQR Koarmada I Lantamal IV dan Lanal TBK Gagalkan Aksi Perampokan di Selat Malaka

0
113

silabuskepri.co.id, Karimun — Jajaran TNI AL Lantamal IV Tanjung Pinang melalui tim satgas (satuan tugas) gabungan WFQR Koarmada I Lantamal IV dan WFQR Lanal Tanjung Balai Karimun melakukan penangkapan komplotan pelaku perampokan di perairan Selat malaka tepatnya di pulau Karimun anak pada hari sabtu lalu (29/5/18) Sekitar pukul 19:00 WIB.

Dalam patroli tersebut tim gabungan mencurigai perahu pancung tanpa nama dengan mesin 40 Pk, dengan kesigapan tim patroli, kapal pancung bermuatan 8 orang penumpang dicurigai sebagai komplotan perampok di perairan. Petugas patroli WFOR langsung melakukan pengahadangan terhadap pancung dan mengamankan seluruh penumpang pancung.

Demikian diungkapkan Lantamal IV, Kolonel Laut Imam Teguh Santasi.ST. MSi dalam siaran persnya hari ini, Jumat (24/5/18) dihadapan para awak media, di Karimun

Salah satu Tersangka berinisial. AA berasal dari Jawa Barat mengatakan kepada silabuskepri. co.id tugasnya hanya sebagai pengatur kegiatan perampokan dan penyediaan logistik serta pendistribusian barang hasil rompakan.

” Saya hanya sebatas pendistribusian hasil rampokan,” ucapnya kepada silabuskepri.co.id

Saat dalam penangkapan oleh tim gabungan, kapal pancung bermuatan 8 orang tersebut , menabrakan pancung ke kapal patroli sehingga 1 orang di duga jatuh ke laut. Selanjutnya tim gabungan mencari keberadaan dan menemukan terduga yang terjatuh ke laut.

Dalam operasi, tim gabungan berhasil mendapatkan barang bukti berupa, 2 bila parang,1 unit perahu pancung 40K sebagai sarana prasarana, dan 2 unit handphone merk polytron dan Nokia.

Dari hasil pengembangan tim gabungan kepada komplotan pelaku perampokan itu menemukan barang bukti dari hasil perampokan sebelumnya yaitu kapal Tanker pada hari sabtu tanggal 19 mei 2018 dengan barang bukti

1.Main metal ASSY merk yanmar ;9 buah
2.oil ring piston merk yanmar 16 buah
3.Guide (CWY) merk yanmar
4.seat valve
5.piston
6.klep
7.Thermometer
8.Bold Roda
9.Gear bos
10.Gasket CYCJNDER
11.O_Ring Clyinder liner

Lantamal IV, Kolonel Laut Imam Teguh Santasi.ST. MSi menambahkan, TNI AL Lantamal IV dan Lanal TBK akan selalu berkoordinasi dalam menjaga perairan laut Indonesia serta gangguan gangguan pelayaran kita dan menjaga dari aksi perampokan laut yang sangat menghawatirkan dunia pelayaran kita,” tuturnya (James.N)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.