Silabuskepri.co.id, Batam – Dewan Pers melakukan Verifikasi Faktual kepada dua Media Online yakni Independennews.com dan Silabuskepri.co.id. Kedatangan Dewan Pers itu disambut hangat oleh Pimpinan Redaksi dan segenap krew Media group ini, Pada Jumat (19/3/21) di Kantor Redaksi Independennews.com dan Silabuskepri.co.id, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Batam

Tim Dewan Pers yang dipimpin langsung oleh Hasanaien Rais Angota Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers didampingi Syaruful Analisis Kebijakan Madya Kord Adm Pengaduan Penegakan Etika dan Hukum Dewan Pers.

Verifikasi yang berlangsung 1 jam tersebut, Tim Verifikasi Dewan Pers ini memeriksa dan meneliti seluruh dokumen yang berhubungan Perusahaan PT. Sinar Sembilan Bintang sebagai Pernerbit Media Online Independennews.com dan PT. Goes Siber Mandiri Sukses sebagai Perusahaan Penerbit Media Online Silabuskepri.co.id.

Selain itu, tim Dewan Pers juga memberikan sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan dokumen yang disodorkan Redaksi media online Independennews.com dan silabuskepri.co.id. Dan dijawan dengan baik sesuai dokumen yang dimiliki kedua Media ini.

Verifikasi Faktual ini diikuti sekitar 16 Orang Staf dan Krew media Independennews.com dan Silabuskepri.co.id yang hadir menyaksikan verifikasi faktual tersebut. Kegiatan berlangsung dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan.

Pemimpin Redaksi Independennews.com dan Silabuskepri.co.id, Gusmanedi S. A.Md sangat mengapresiasi kedatangan tim verifikasi Dewan Pers tersebut, dan menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Dewan Pers. Ia juga merasa bangga dan terharu kegiatan Verifikasi Faktual ini dapat berlangsung dengan baik tanpa kekurangan suatu apapun.

Wartawan Utama jebolan UKW PWI Pusat ini juga menyampaikan harapannya usai melakukan verifikasi faktual, “Kita tinggal menunggu hasilnya. Harapannya hasil dari verifikasi faktual oleh Dewan Pers hari ini sesuai dengan hasil yang diharapkan, bisa segera memperoleh predikat Verifikasi Faktual,” harapnya

Gusman juga berharap agar nantinya Independennews.com serta Silabuskepri.co.id ini bisa menjangkau seluruh daerah di tanah air. “Semoga media ini bisa menjangkau seluruh pelosok negeri serta mampu melaksanakan tugasnya dalam menyebarkan/menyampaikan informasi secara fakta demi pemenuhan kebutuhan informasi publik, serta ikut berperan dalam menjaga ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Tim penguji dewan pers juga menyampaikan kepada wartawan untuk tetap memperhatikan kesehatannya dalam melakukan kegiatan jurnalistik. “Wartawan adalah salah satu profesi yang beresiko tinggi untuk terpapar civid 19. Oleh karenanya, alangkah baiknya vaksinasi untuk wartawan diutamakan,” ujatnya

Ia juga mengungkapkan bahwa Jakarta pada 16 Maret 2021 lalu sudah melakukan vaksinasi kedua pada kurang lebih 6000 wartawan se Jabodetabek untuk wartawan yang diusahakan oleh dewan pers melalui Kementerian Kesehatan RI.

” Mudah-mudahan wartawan di Wilayah Kepri juga memperoleh kemudahan dari Gubernur dan Ketua Satgas dalam program vaksinasi,” tutupnya

Agenda ditutup dengan foto Tim Dewan Pers bersama wartawan Independennew.com dan Silabuskepri.co.id, saat hendak berangkat pulang, Kedua Tim penguji Verifikasi Faktual tersebut memberikan cap jempol sembari meninggalkan senyuman. (SOP)