Melirik Peluang Wisman India

0
49

Silabuskepri.co.id, Batam — Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Drs Ardi Winata dan Ketua ASITA Kepri Andika Lim, mengalungi bunga kepada beberapa perwakilan travel agent India, pada Sabtu (8/6/19) di Arrival Hall Harbourbay International Ferry Terminal,

Organized by AMI, ASITA Kepri dan Disbudpar Batam, rombongan 40 travel agent India ini akan melakukan familiarization trip ke Batam, mulai hari ini hingga tiga hari ke depan. Itinerary seru ke sejumlah destinasi ikon telah disiapkan: menyusuri Lalitha Temple di Southlink, sambangi Vihara Duta Maitreya, menyantap hidangan khas India di Maharaja Resto. Tur keliling pulau di Kepri Coral nyantai di Jembatan Barelang, menyesap gemerlap Jodoh Nagoya hingga dinner romantis di Batam View Beach Resort .

Drs Ardi Winata menyadari benar, wisman India dalam dua dekade belakangan telah memberi kontribusi besar bagi tourist arrivals di Batam.

“Tiga tahun ini, trend-nya menukik bahkan hampir mengejar wisman Malaysia. Sebab itu, dengan kolaborasi pentahelix, kita terus bergiat mendulang wisman India ini.” Kata Ardi

Menurut data statistik, jumlah wisman India ke Batam 2018 menyentuh angka 259.000 orang, menempati urutan ke empat setelah Singapura, China dan Malaysia.

Secara nasional, kontribusi wisman India ke Batam tidak bisa dianggap enteng, hanya kalah dari Bali yang mampu menyedot 60 persen dari total 600 ribu lebih wisman India yang ke Indonesia tahun 2018.

Tahun ini, Kemenpar menargetkan mendulang 800 ribu dan mengharapkan Batam sebagai pendulang utama, sebab secara geografis mestinya bisa memanfaatkan jiran Malaysia dan Singapura yang berperan sebagai simpul penghubung. Sebagai regional hubungan, kedua jiran itu selama ini telah menikmati kedatangan lebih dari satu juta wisman India per tahun.(red/rs)