Poto : Ilustrasi

Batam, Silabuskepri.co.id_ Nuryanto SH, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam berharap Social Distancing yang diterapkan Pemko Batam efektif untuk mengurangi penularan Covid-19.

“Pemerintah Kota Batam sejauh ini sudah berusaha semaksimal mungkin dengan seluruh kekuatannya, itu yang saya lihat. Hal ini perlu kesadaran masyarakat Kota Batam untuk taat dan disiplin menjalankan Sosial Distancing tersebut,” kata Nuryanto SH yang biasa di panggil Cak Nur ini kepada Silabuskepri. Kamis (26/3/2020).

Tujuan dari pembatasan sosial (Sosial Distancing) adalah untuk mengurangi kemungkinan kontak antara orang terinfeksi dan orang lain yang tidak terinfeksi, sehingga dapat meminimalkan penularan penyakit, morbiditas, dan terutama, kematian.

Cak Nur menegaskan, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan lockdwon untuk Kota Batam, jika hal itu sudah sangat diperlukan.

“Saya pikir jika kondisinya sudah darurat, mau tidak mau Pemerintah Kota Batam memberikan konfirmasi atau koordinasi dengan Pemerintah pusat melalui Gubernur. Mohon maaf hal ini akan diambil kebijakan kalau situasinya sudah betul-betul darurat. Namun saya pikir hal itu merupakan langkah terakhir yang harus diambil,” jelasnya.

Cak Nur menambahkan, kebijakan yang di terapkan Pemko Batam sudah berdasarkan kajian bersama dengan stakeholder.

“Sejauh ini pengawasan controlnya selalu melakukan dengan sosialisasi, agar masyarakat tidak berkumpul-kumpul dan tetap menjaga jarak dengan orang lain, itu sudah cukup baik. Dan apapun yang menjadi kebijakan dari Pemerintah itu sudah dilakukan melalui kajian,” pungkasnya.

Saat ini, kata Cak Nur, kembali kepada diri kita masing-masing untuk selalu menyadari, sama-sama punya rasa kepentingan bersama dan untuk keselamatan bersama, maka pastinya kita harus taat dan bisa menahan diri. (P. Sib

BAGIKAN
Berita sebelumyaRilis BP Batam Pastikan Tidak Melarang Perusahaan Buka, Tapi Ikuti Prosedur
Berita berikutnyaLindungi Anak Didik Dari Covid 19, Disdik Lingga Gelar Rapat
Redaksi Pelindung : Tuhan Yang Maha Esa Penasehat : Brigjen Purn Parasian Simanungkalit,SH, MH. Susunan Redaksi Pemimpin Umum / Penanggung Jawab Gusmanedy Sibagariang AMD Pemimpin Redaksi Tumpak Simbolon, SH Pengembangan dan Periklanan Rismauli Sinaga Redaktur : Sandi Pusaka Herman , Niko. S Korlip : Pineop Siburian Wartawan Batam : Tumpak Simbolon, Ramli, Manguji Silaban, Mirwansyah Biro Tj Balai karimun : — Biro Lingga : Suarman wartawan : Juhari Biro Anambas : M Yanis wartawan : Firmandani Biro Natuna : Nizar Biro Bintan : Edy Biro Tanjungpinang : Mayer S Perwakilan Riau Daratan : Perwakilan Zona Sumatera Perwakilan Riau dan Biro Pelelawan : Pranseda Simanjuntak Kampar : Perwalikan zona Jawa : Perwalikan zona indonesia Tumur : Perwakilan zona Kalimantan : Bidang Pengembangan Usaha Marketing Maneger : Jeni Kartika Sinaga Badan Hukum : PT. Goes Siber Mandiri Sukses Nomor AHU : 0054024.AH.01.01 NPWP : 80.762.640,3-225.000 Nomor TDP : 33.10.1.58.18242 No SIUP : 02137/BPMPTSP-BTM/PAK/2016 Alamat : Kompleks Ruko Rabayu Blok E No. 2 Tembesi, Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia Kode pos : 29439 Telepon : 0778-7432139 Hp +628127063321 Email : redaksisilabus@gmail.com