Silabuskepri.co.id, Anambas –Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudji Astuti dalam kinjungannya ke Anambas berkesempatan membuka langsung acara Acara Festival Padang Melang (FPM) Ke-III Tahun 2019, pada 17 Juli 2019 malam Pukul 16.00 WIB di Pantai Padang Melang, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

Acara pembukaan ini dihadiri Tyo Rahmantia (Dirjen PRL KKP), Sugeng (mewakili Kemenkomaritim), Raminah (Deputi Pengembangan Pemasaran Kemenpar), Idham (mewakili Kemendikbud), Isdianto (Plt Gub Kepri), Robert Simbolon (Deputi BNPP), Drs Zulhendri (Kadis Kominfo Kepri), Sardison (Kadis Dukcapil Kepri), Buralimar (Kadis Pariwisata Kepri), Abdul Haris (Bupati KKA), Wan Suhendra (Wabup KKA), Sahtiar (Sekda KKA), Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim (Danlanal Tarempa), AKBP Junoto (Kapolres Anambas), Felix Tobing (Kepala Balai Karantina IkanTanjung Pinang), Alan Baskara (Kacabjari Tarempa), Erizal Abdulah (Kemenag KKA), Maskur (Kadis Pariwisata KKA), Toga, Tomas, Todat KKA dan undangan sekitar 200 orang.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Ibu Susi tiba di lokasi acara Festival Padang Melang, pukul 16.00 WIB disambut dengan prosesi adat seperti
Arakan Gendang Panjang, Atraksi Silat, Berbalas Pantun, Tabur Beras Kuning, Pengalungan Cual, Petatah Petitih Junjong Adat, yang dihadiri ribuan masyarakat Anambas.

Selain pembukaan Festival, juga dilakukan Penyerahan Piagam dari Kemendagri kepada Bupati KKA yang di wakili oleh Deputi BNPP, Robert Simbolon dan Penyerahan Kartu KUSUKA secara Simbolis kepada 3 Orang pelaku perikanan di KKA serta penyerahan kaca mata renang kepada anak2 SD di Kec Jemaja.

Dalam kesempatan itu, MKP RI ibu Susi pada pembukaan FPM 2019 mengatakan, pada kunjungannya ke Anambas dalam dua hari itu, sudah mengunjungi pulau Ayam dan pulau Mingga.

Dianya mengakui Kepulauan Anambas memiliki keindahan yang luar biasa, namun dia melihat masih banyak karang-karang yang rusak dan sampah-sampah plastik yang berserakan dipantai.

“Mari, jangan kita rusak keindahan yang sudah ada di KKA ini, mulai saat ini mari kita jaga sama-sama kekayaan laut kita dengan cara hentikan menangkap ikan dengan cara yang tidak ramah lingkungan seperti memakai bom dan bahan kimia.” Ajaknya

Dia juga menegaskan bahwa sudah dia melarang melakukan transaksi jual beli ikan di laut, semua kapal yang menangkap ikan di laut Anambas harus di darat di Anambas, sehingga bisa meningkatkan pendapatan daerah dari sektor perikanan. Dan apabila Prov Kepri ini fokus untuk mengembangkan sektor Patiwisata dan sektor perikanan, saya yakin cita-cita Kepri untuk menjadi poros maritim akan tercapai dan saya akan memberikan dukungan untuk hal itu.

” Saya ingatkan kembali soal Sampah plastik yang dibuang ke laut, sampah plastik tidak akan hancur selama 400 tahun. Mari mulai saat ini kita ubah kebiasaan kita untuk membuang sampah sembarangan dimanapun kita berada.” tukasnya

Sementara itu, Plt Gub Kepri Isdianto mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi perhatian dunia, berbagai dampak positif seperti pertumbuhan ekonomi dan peningkatan ekspor melalui sektor wisata, mampu menjadi penopang pendapatan negara. Oleh karena itu sektor pariwisata ini penting untuk dikembangkan.

Menurutnya, fasilitas wisata maupun destinasi wisata perlu dikembangkan dengan inovasi inovasi dalam berbagai event agar dapat lebih menarik minat wisatawan. Seperti festival padang melang yang saat ini kita adakan dipulau Jemaja KKA.

“Sektor pariwisata Kepri dinilai paling siap dalam menyambut Asean Economic Comunity (AEC). Karena Prov Kepri memiliki potensi Pariwisata yang sangat menarik. Namun kita masih memiliki kekurangan infrastruktur seperti dermaga yang kurang memadai, oleh karena itu Prov Kepri akan memberikan priotitas kepada sektor pariwisata agar dapat menjadikan Prov Kepri sebagai poros maritim dunia.” Kata Isdianto

Lanjut Isdianto, pemerintah membuka peluang investasi bagi para investor untuk bersama sama mengembangkan sektor Pariwisata ada di KKA ini namun yang terpenting dari hal itu masyarakat harus tetap bisa merasakan manfaatnya.

“Kita bersama-sama berharap dengan adanya Festival Padang Melang ini akan menjadikan Prov Kepri khusus nya Kab Kepulauan Anambas lebih dikenal oleh para wisatawan dalam negeri maupun wisatawan Mancanegara.” Cetusnya

Bupati Abdul Haris mengatakan, menyampaikan selamat datang kepada para tamu undangan yang berkesempatan hadir di Kabupaten Kepulauan Anamabas.

“Ini merupakan kehormatan yang besar bagi Masyarakat KKA. Pelaksanaan Festival Padang Melang 2019 ini merupakan pelaksaan yang ke 4 kalinya. Pelaksanaan festival ini merupakan upaya pemerintah KKA untuk mempromosikan sumber daya alam khususnya sumber daya Wisata Bahari dan Perikanan yang ada di KKA kepada para Wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Kami mewakili masyarakat KKA, berharap kepada ibu Susi Pudji Astuti untuk menjadikan KKA sebagai kampung halaman kedua setelah pangandaran. Kami selalu terbuka menerima kehadiran ibu di KKA ini. Kami juga berharap kepada Gububernur Kepri untuk membantu usaha KKA dalam mengembangkan sektor pariwisata dan perikanan di Anambas.” ujarnya

Susi juga berharap kepada media agar bisa menyampaikan kepada dunia bahwa di Indonesia, ada yang mana nya Kepulauan Anambas yang memiliki keindahan alam dan budaya yang luar biasa, semoga dengan pemberitaan ini Anambas lebih dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.” Cetusnya (Az)

BAGIKAN
Berita sebelumyaWarga Binaan Lapas Langgar Aturan Asimilasi, Kalapas Kelas II A Batam Barelang Diduga Kongkalikong
Berita berikutnyaHannover Messe Gaet Industri Batam Dalam Pameran Akbar Tahun 2020
Redaksi Pelindung : Tuhan Yang Maha Esa Penasehat : Brigjen Purn Parasian Simanungkalit,SH, MH. Susunan Redaksi Pemimpin Umum / Penanggung Jawab Gusmanedy Sibagariang AMD Pemimpin Redaksi Tumpak Simbolon, SH Pengembangan dan Periklanan Rismauli Sinaga Redaktur : Sandi Pusaka Herman , Niko. S Korlip : Pineop Siburian Wartawan Batam : Tumpak Simbolon, Ramli, Manguji Silaban, Mirwansyah Biro Tj Balai karimun : — Biro Lingga : Suarman wartawan : Juhari Biro Anambas : M Yanis wartawan : Firmandani Biro Natuna : Nizar Biro Bintan : Edy Biro Tanjungpinang : Mayer S Perwakilan Riau Daratan : Perwakilan Zona Sumatera Perwakilan Riau dan Biro Pelelawan : Pranseda Simanjuntak Kampar : Perwalikan zona Jawa : Perwalikan zona indonesia Tumur : Perwakilan zona Kalimantan : Bidang Pengembangan Usaha Marketing Maneger : Jeni Kartika Sinaga Badan Hukum : PT. Goes Siber Mandiri Sukses Nomor AHU : 0054024.AH.01.01 NPWP : 80.762.640,3-225.000 Nomor TDP : 33.10.1.58.18242 No SIUP : 02137/BPMPTSP-BTM/PAK/2016 Alamat : Kompleks Ruko Rabayu Blok E No. 2 Tembesi, Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia Kode pos : 29439 Telepon : 0778-7432139 Hp +628127063321 Email : redaksisilabus@gmail.com