Batam, Silabuskepri.co.id — Sebagai bentuk upaya dan komitmen lembaga untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani, BP Batam melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dan Sosialisasi tentang Pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Balairung Sari BP Batam pada Kamis (22/11) pagi.

Acara ini dihadiri oleh Inspektur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Budi Prawira; Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman Kepulauan Riau, Ahmad Irham Syatria; Plt. Kepala Kantor Perwakilan BPKP Kepulauan Riau, Sujito; Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, beserta jajaran Deputi, Eselon 2, 3, 4, dan staf di lingkungan BP Batam.

“Pada akhir tahun 2015, seluruh pegawai dan pimpinan BP Batam telah menandatangani fakta integritas menuju Zona Integritas, di samping pemenuhan syarat lainnya, antara lain Opini Wajar Tanpa Pengecualian, keterbukaan informasi publik, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Ketiganya, seperti yang kita ketahui, mendapat beberapa penghargaan nasional dan menjadikan Batam sebagai wilayah yang diperhitungkan di pemerintah pusat.” Jelas Lukita.

Ia menambahkan, bahwa proses transformasi tersebut bukan hanya didasarkan pada perhitungan selama satu tahun terakhir, namun merupakan hasil dari kerja keras BP Batam dan seluruh pemangku kepentingan di Batam pada tahun-tahun sebelumnya.

Zona Integritas sendiri adalah predikat yang diberikan kepada kementerian/lembaga yang berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. Atas dasar tersebut, Lukita selaku Kepala BP Batam mencanangkan Zona Integritas di lingkungan BP Batam, selaras dengan harapan Presiden RI agar integritas pegawai BP Batam menjadi best practice di semua lini pembangunan.

Meski dalam perjalanannya tidak mudah, Lukita mengatakan bahwa agar pelaksanaan Zona Integritas berjalan dengan baik, syaratnya adalah telah dibangunnya sistem pengendalian agar kekurangan yang pernah terjadi dan hal-hal yang menyebabkan celah-celah penyimpangan dapat teratasi.

Hal tersebut senada dengan oleh Inspektur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Budi Prawira. Ia menyatakan setuju dengan pernyataan Kepala BP Batam.

“Tujuan dari kegiatan hari ini adalah bukan hanya sekedar seremoni saja, akan tetapi bagaimana upaya dan tindak lanjut dari fakta integritas yang telah disepakati bersama. Tentunya dengan memfokuskan diri meningkatkan good governance dan mewujudkan WBK dan WBBM di BP Batam.” Kata Budi.

Budi juga menekankan pentingnya komitmen pimpinan agar apa yang dicita-citakan oleh BP Batam dapat terwujud. Tentunya pengawasan yang dilakukan secara kontinu perlu dilakukan melalui Satuan Pengawas Internal BP Batam.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan fakta integritas antara Kepala BP Batam dengan para Deputi BP Batam, penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di BP Batam, dan diakhiri dengan Sosialisasi Pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).(P.sib/Humas BP Batam)

BAGIKAN
Berita sebelumyaTurnament Batam Golt Adventures 2018 Capai Rekor Muri, Nantinya akan Menjadi Event Tahunan
Berita berikutnyaPolres Karimun Buka Pelatihan Pembinaan Bagi Calon Polri
Redaksi Pelindung : Tuhan Yang Maha Esa Penasehat : Brigjen Purn Parasian Simanungkalit,SH, MH. Susunan Redaksi Pemimpin Umum / Penanggung Jawab Gusmanedy Sibagariang AMD Pemimpin Redaksi Tumpak Simbolon, SH Pengembangan dan Periklanan Rismauli Sinaga Redaktur : Sandi Pusaka Herman , Niko. S Korlip : Pineop Siburian Wartawan Batam : Tumpak Simbolon, Ramli, Manguji Silaban, Mirwansyah Biro Tj Balai karimun : — Biro Lingga : Suarman wartawan : Juhari Biro Anambas : M Yanis wartawan : Firmandani Biro Natuna : Nizar Biro Bintan : Edy Biro Tanjungpinang : Mayer S Perwakilan Riau Daratan : Perwakilan Zona Sumatera Perwakilan Riau dan Biro Pelelawan : Pranseda Simanjuntak Kampar : Perwalikan zona Jawa : Perwalikan zona indonesia Tumur : Perwakilan zona Kalimantan : Bidang Pengembangan Usaha Marketing Maneger : Jeni Kartika Sinaga Badan Hukum : PT. Goes Siber Mandiri Sukses Nomor AHU : 0054024.AH.01.01 NPWP : 80.762.640,3-225.000 Nomor TDP : 33.10.1.58.18242 No SIUP : 02137/BPMPTSP-BTM/PAK/2016 Alamat : Kompleks Ruko Rabayu Blok E No. 2 Tembesi, Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia Kode pos : 29439 Telepon : 0778-7432139 Hp +628127063321 Email : redaksisilabus@gmail.com